LESTARI, HANI (2023) PENERAPAN METODE EXPRESSIVE WRITING THERAPY DALAM PEMBELAJARAN MENYAJIKAN TANGGAPAN TEKS ULASAN BERFOKUS PADA STRUKTUR DAN ASPEK LISAN DI KELAS VIII SMP PGII 1 BANDUNG. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
|
Text
COVER.pdf Download (165kB) | Preview |
|
|
Text
Lembar Pengesahan Penguji.pdf Download (326kB) | Preview |
|
|
Text
lembar pengesahan pembimbing.pdf Download (288kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK INDONESIA.pdf Download (180kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK INGGRIS.pdf Download (150kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK SUNDA.pdf Download (169kB) | Preview |
|
|
Text
BAB 1.pdf Download (182kB) | Preview |
|
|
Text
BAB 2.pdf Download (356kB) | Preview |
|
Text
BAB 3.pdf Restricted to Repository staff only Download (455kB) |
||
Text
BAB 4.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
||
Text
BAB 5.pdf Restricted to Repository staff only Download (130kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (169kB) | Preview |
Abstract
Penelitian dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan peserta didik dalam memberikan tanggapan pada teks ulasan. Penyebabnya antara lain adalah kurangnya kepercayaan diri dan keterampilan berbicara di depan umum, serta ketidakefektifan metode pembelajaran yang digunakan oleh pendidik. Salah satu metode pembelajaran yang dapat meningkatkan kepercayaan diri peserta didik adalah Expressive Writing Therapy. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengevaluasi penerapan metode Expressive Writing Therapy dan membandingkan kemampuan peserta didik sebelum dan sesudah menerapkan metode tersebut, serta melihat perbedaan kemampuan antara kelas kontrol dan eksperimen. Metode penelitian yang digunakan adalah eksperimen dengan desain true experimental pretest-posttest control group. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penulis berhasil melaksanakan pembelajaran menggunakan metode Expressive Writing Therapy dengan nilai 3,7. Sebelum menerapkan metode ini, sebagian besar peserta didik masih belum mencapai kriteria ketuntasan minimal (KKM). Mereka mengalami kesulitan dalam membuat teks ulasan dari karya cerpen, terutama dalam memperhatikan struktur dan aspek lisan, serta tidak menggunakan bahasa dengan sudut pandang mereka sendiri. Namun, setelah menerapkan metode Expressive Writing Therapy, peserta didik mampu menyajikan tanggapan pada teks ulasan dengan baik, seperti yang ditunjukkan oleh rata-rata nilai posttest kelas eksperimen dan kelas kontrol, yaitu 83,35>41,62. Terdapat perbedaan hasil belajar antara kelas eksperimen dan kelas kontrol, yang didukung oleh hasil Uji Mann Whitney dengan nilai Asymp.sig. (2-tailed) sebesar 0,000 < 0,05. Dalam kesimpulannya, pembelajaran menyajikan tanggapan pada teks ulasan menggunakan metode Expressive Writing Therapy pada siswa kelas VIII SMP PGII 1 Bandung berhasil meningkatkan hasil pembelajaran peserta didik. Kata Kunci: Berbicara, Teks Ulasan, dan Metode Expressive Writing Therapy
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bahasa Indonesia 2023 |
Depositing User: | E. Nurhayati Djaroni |
Date Deposited: | 04 Sep 2023 07:27 |
Last Modified: | 04 Sep 2023 07:27 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/64935 |
Actions (login required)
View Item |