Putripur, Alifia Nurfitriani, 195030086 (2023) PEMBELAJARAN MENGIDENTIFIKASI UNSUR DRAMA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN MEDIA WATTPAD DI KELAS VIII SMPN 2 DAYEUHKOLOT. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
|
Text
1. COVER.pdf Download (103kB) | Preview |
|
|
Text
2.Lembar Pengesahan Skripsi.pdf Download (199kB) | Preview |
|
|
Text
3.Lembar Pengesahan Penguji.pdf Download (208kB) | Preview |
|
|
Text
7. ABSTRAK INDO.pdf Download (32kB) | Preview |
|
|
Text
8. ABSTRAK INGGRIS.pdf Download (31kB) | Preview |
|
|
Text
9. ABSTRAK SUNDA.pdf Download (33kB) | Preview |
|
|
Text
13. BAB I.pdf Download (170kB) | Preview |
|
|
Text
14. BAB II.pdf Download (311kB) | Preview |
|
Text
15. BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (424kB) |
||
Text
16. BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
||
Text
17. BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (174kB) |
||
|
Text
18. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (173kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini dilakukan karena adanya rendahnya kemampuan peserta didik dalam membaca teks drama dan kesulitan yang mereka alami saat menganalisis unsur drama. Faktor yang menyebabkan hal ini termasuk kurangnya penggunaan model dan media pembelajaran yang kreatif dan inovatif oleh pendidik. Tujuan dari penelitian ini adalah sebagai berikut: 1) Mendeskripsikan kemampuan penulis dalam merancang, melaksanakan, dan mengevaluasi pembelajaran yang mengidentifikasi unsur drama menggunakan model Problem Based Learning berbantuan media Wattpad. 2) Mengukur kemampuan peserta didik sebelum dan sesudah diterapkan pembelajaran mengidentifikasi unsur drama menggunakan model Problem Based Learning berbantuan media Wattpad. 3) Membandingkan kemampuan peserta didik di kelas kontrol dan kelas eksperimen dalam pembelajaran mengidentifikasi unsur drama menggunakan model Problem Based Learning berbantuan media Wattpad. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen kuasi dengan rancangan tes awal dan tes akhir serta kelompok kontrol. Data yang dikumpulkan meliputi data pretest dan posttest dari peserta didik di kelas eksperimen dan kontrol, yang merupakan siswa kelas VIII SMPN 2 Dayeuhkolot. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan peserta didik meningkat dalam pembelajaran mengidentifikasi unsur drama dengan menggunakan model Problem Based Learning berbantuan media Wattpad. Terdapat peningkatan nilai rata-rata pretest dari 63,39 menjadi 88,54 pada posttest kelas eksperimen. Terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar peserta didik di kelas eksperimen dan kelas kontrol, dengan nilai rata-rata posttest kelas eksperimen sebesar 88,54 sedangkan kelas kontrol sebesar 84,59. Kata Kunci: Probem Based Learning, unsur drama, Wattpad.
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bahasa Indonesia 2023 |
Depositing User: | E. Nurhayati Djaroni |
Date Deposited: | 02 Sep 2023 07:15 |
Last Modified: | 02 Sep 2023 07:15 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/64924 |
Actions (login required)
View Item |