Neidy, Restu, 185020004 (2023) PERBANDINGAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENT DAN STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (Quasi Eksperimen Pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas XI IPS Semester Ganjil Tahun Ajaran 2022/2023 di SMA PGRI 3 Bandung). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
|
Text
1. cover.pdf Download (26kB) | Preview |
|
|
Text
2. pengesahan.pdf Download (172kB) | Preview |
|
|
Text
6. abstrak.pdf Download (204kB) | Preview |
|
|
Text
7. abstract.pdf Download (204kB) | Preview |
|
|
Text
8. abstrak sunda.pdf Download (204kB) | Preview |
|
|
Text
10. bab I.pdf Download (333kB) | Preview |
|
|
Text
11. bab II.pdf Download (602kB) | Preview |
|
Text
12. bab III.pdf Restricted to Repository staff only Download (489kB) |
||
Text
12. bab IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (804kB) |
||
Text
13. bab V.pdf Restricted to Repository staff only Download (208kB) |
||
|
Text
14. daftar pustaka.pdf Download (434kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (i) perbedaan hasil belajar siswa pada saat pretest dan posttest dengan menggunakan metode Teams Games Tournament (TGT), (ii) perbedaan hasil belajar siswa pada saat pretest dan posttest dengan menggunakan metode Student Teams Achievement Division (STAD), (iii) seberapa besar perbandingan hasil belajar siswa dengan menerapkan metode Teams Games Tournament (TGT) dan Student Teams Achievement Division (STAD). Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IPS 1 sebagai kelas eksperimen I dan XI IPS 2 sebagai kelas eksperimen II dengan jumlah sampel 63 siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah quasi-eksperimen dengan instrument penelitian berupa soal pretest dan posttest. Instrumen dalam penelitian ini adalah tes obyektif (pilihan ganda) sebanyak 17 soal. Hasil penelitian menunjukan: (i) terdapat perbedaan hasil belajar siswa pada kelas Teams Games Tournament (TGT) dengan nilai rata-rata pretest sebesar 60,84 dan posttest 84,06, (ii) terdapat perbedaan hasil belajar siswa pada kelas Student Teams Achievement Division (STAD) dengan nilai rata-rata pretest 57,96 dan posttest 84,52, (iii) besar perbandingan hasil belajar siswa dengan pengujian hipotesis (Uji-t) memiliki nilai signifikansi sebesar 0,484 atau lebih dari 0,05. Sehingga dapat disimpulkan bahwa tidak terdapat perbandingan hasil belajar siswa yang signifikan dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT) dan model pembelajaran tipe Student Teams Achievement Division (STAD). Penulis menyampaikan saran kepada: (i) guru diharapkan melakukan perencanaan yang matang dalam menggunakan model pembelajaran agar hasil belajar lebih baik, pemberian penghargaan kepada siswa dalam upaya peningkatan hasil belajar sebaiknya dalam bentuk konkrit, (ii) kepada siswa untuk lebih aktif dan meningkatkan nilai dalam hasil pembelajaran, (iii) pihak sekolah diharapkan agar melakukan perencanaan alokasi waktu hendaknya diperhatikan dengan seksama, (iv) peneliti selanjutnya diharapkan melakukan pengembangan penelitian ini dilakukan pada konsep lainnya yang sesuai dengan model cooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT) dan Student Teams Achievemant Division (STAD). Kata Kunci: Model Pembelajaran Teams Games Tournament (TGT), Student Teams Achievement Division (STAD), Hasil Belajar Siswa.
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Akuntansi 2023 |
Depositing User: | E. Nurhayati Djaroni |
Date Deposited: | 12 Apr 2023 03:39 |
Last Modified: | 12 Apr 2023 03:39 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/63201 |
Actions (login required)
View Item |