PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN AUDIO VISUAL TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS V DI SDN RANCAEKEK 02

NURAINI, ALVIRA, 185060121 (2023) PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN AUDIO VISUAL TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS V DI SDN RANCAEKEK 02. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
Cover-1.pdf

Download (43kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Pengesahan.pdf

Download (150kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK Bahasa Indonesia.pdf

Download (32kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK Bahasa Inggris.pdf

Download (32kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK Bahasa Sunda.pdf

Download (47kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (175kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (268kB) | Preview
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (402kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (965kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (41kB)
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (176kB) | Preview
Official URL: https://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media pembelajaran audio visual terhadap hasil belajar peserta didik kelas V di SDN Rancaekek 02. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian quasi eksperimental tipe non-equivalent control group design. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas V SDN Rancaekek 02 sebanyak 90 peserta didik. Sampel dari penelitian ini terdiri dari dua kelompok, yaitu kelas V A sebanyak 24 peserta didik sebagai kelas eksperimen dan kelas V B sebanyak 24 peserta didik sebagai kelas kontrol. Perlakuan yang diterapkan pada kelompok eksperimen adalah media pembelajaran audio visual. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa media pembelajaran audio visual berpengaruh terhadap hasil belajar peserta didik kelas V. Dilihat dari hasil uji effect size sebesar 1,95 dengan interpretasi dalam kategori besar sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh besar pada hasil belajar peserta didik. Perbedaan dapat dilihat dari hasil uji paired sample t test yang diperoleh nilai t hitung sebesar 32.422 > 2.069 dan mempunyai Sig. sebesar .000 (Sig. < 0,05) yang berarti dapat disimpulkan terdapat perbedaan secara signifikan pada skor hasil belajar peserta didik dan uji independent sample t test diperoleh nilai t hitung sebesar 6.566 > 2.069 dan mempunyai Sig. sebesar .000 (Sig. < 0,05) yang berarti dapat disimpulkan terdapat perbedaan secara signifikan pada skor post-test hasil belajar peserta didik kelas eksperimen dan kelas kontrol. Kata Kunci: Media Pembelajaran Audio Visual, Hasil Belajar, Peserta Didik.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2022
Depositing User: E. Nurhayati Djaroni
Date Deposited: 03 Feb 2023 07:15
Last Modified: 03 Feb 2023 07:15
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/62064

Actions (login required)

View Item View Item