PENGARUH PENDAMPINGAN BELAJAR OLEH ORANG TUATERHADAP HASIL BELAJAR SISWA SEKOLAH DASAR DI KECAMATAN BALEENDAH (Penelitian Deskriptif Kuantitatif dilakukan di SD Negeri Girimekar, SD Negeri Cangkring 1, SD Negeri Jelekong, SD Negeri Cangkring 4)

Kafah, Herdamayanti Silmi, 185060027 (2023) PENGARUH PENDAMPINGAN BELAJAR OLEH ORANG TUATERHADAP HASIL BELAJAR SISWA SEKOLAH DASAR DI KECAMATAN BALEENDAH (Penelitian Deskriptif Kuantitatif dilakukan di SD Negeri Girimekar, SD Negeri Cangkring 1, SD Negeri Jelekong, SD Negeri Cangkring 4). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (58kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Pengesahan.pdf

Download (186kB) | Preview
[img]
Preview
Text
abstrak indo.pdf

Download (32kB) | Preview
[img]
Preview
Text
abstrak inggris.pdf

Download (33kB) | Preview
[img]
Preview
Text
abstrak sunda.pdf

Download (33kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 1.pdf

Download (131kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 2 .pdf

Download (195kB) | Preview
[img] Text
bab 3 fix.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (351kB)
[img] Text
bab 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (453kB)
[img] Text
bab 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (41kB)
[img]
Preview
Text
daftar pustaka .pdf

Download (48kB) | Preview
Official URL: https://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Lingkungan keluarga merupakan lingkungan yang pertama kali dikenal dan yang paling dekat dengan siswa, maka dapat diartikan bahwa orang tua merupakan faktor paling utama yang memperngaruhi hasil belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui nilai rata-rata hasil ulangan harian siswa serta pendampingan belajar yang dilakukan oleh orang tua. Hasil penelitian yang didapat berdasarkan data dokumentasi dari wali kelas mengenai nilai ulangan harian siswa menunjukan bahwa rata-rata nilai hasil ulangan harian siswa sebesar 73,74 dengan kategori baik. Nilai tersebut didapat karena seringnya pendampingan belajar yang dilakukan oleh orang tua. Dalam hal ini orang tua sering mendampingi anak ketika sedang mengerjakan PR, membantu anak menjelaskan materi yang belum dipahaminya, membuat serta mengawasi jadwal belajar anak di rumah. Hal inilah yang mendorong anak semangat belajar sehingga mendapatkan hasil belajar yang baik. Setelah mendapatkan data dari hasil penyebaran angket kepada 127 responden , maka peneliti melakukan analisis guna menunjukan hasil penelitian dengan uji hipotesis yang dilakukan dengan menggunakan bantuan aplikasi SPSS versi 24. Maka didapat hasil uji t hitung sebesar 12.588 > 1.65714 dengan nilai signifikansi sebesar 0.00. Nilai signifikansi yang menunjukan 0.00 < 0.05 sehingga dapat disimpulkan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima, artinya terdapat pengaruh pendampingan belajar oleh orang terhadap hasil belajar siswa. Kata Kunci: Pendampingan Belajar, Hasil Belajar Siswa

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2022
Depositing User: E. Nurhayati Djaroni
Date Deposited: 02 Feb 2023 03:20
Last Modified: 02 Feb 2023 03:20
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/62054

Actions (login required)

View Item View Item