PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP PENINGKATAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK (Studi Kasus pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas XI Materi Perpajakan dalam Pembangunan Ekonomi di SMA Negeri Tomo)

Diniati, Hana Fadhilah, 175020046 (2022) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP PENINGKATAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK (Studi Kasus pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas XI Materi Perpajakan dalam Pembangunan Ekonomi di SMA Negeri Tomo). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
1. Cover.pdf

Download (25kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. Pengesahan.pdf

Download (3MB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. Abstrak.pdf

Download (73kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. Abstract.pdf

Download (5kB) | Preview
[img]
Preview
Text
10. Abstrak Sunda.pdf

Download (70kB) | Preview
[img]
Preview
Text
12. BAB I.pdf

Download (102kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. BAB II.pdf

Download (250kB) | Preview
[img] Text
14. BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (249kB)
[img] Text
15. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (356kB)
[img] Text
16. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (75kB)
[img]
Preview
Text
17. Daftar Pustaka.pdf

Download (8kB) | Preview
Official URL: https://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (i) bagaimana penerapan model pembelajaran Problem Based Learning (ii) bagaimana kemampuan berpikir kritis peserta didik (iii) seberapa besar pengaruh model pembelajaran Problem Based leanring (PBL) terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik pada mata pelajaran ekonomi kelas XI IPS. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode penelitian survei dan teknik pengumpulan data menggunakan angket dengan responden berjumlah 93. Hasil penelitian menunjukan; (i) problem based learning memiliki nilai rata-rata 4,3 dan persentase 86% dengan penafsiran sangat baik (ii) kemampuan berpikir kritis memiliki nilai rata-rata 4,2 dan persentase 84% dengan penafsiran baik (iii) pengaruh model pembelajaran problem based learning terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik dengan kategori “cukup kuat” sebanyak 53,3 %. Peneliti menyarankan kepada pihak-pihak terkait;(i) bagi guru, diharapkan dapat memberikan masukan untuk menggunakan model pembelajaran problem based learning dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis (ii) bagi peserta didik, diharapkan dapat meningkakan kemampuan berpikir kritis (iii) bagi sekolah, diharapkan dapat menjadi kebijakan dalam menerapkan model pembelajaran. (iv) bagi peneliti lain mempersiapkan diri dalam proses perencanaan, pengumpulan data dan hal lain yang berkaitan dengan proses penelitian sehingga penelitian dapat dilakukan dengan sangat baik Kata kunci : Model Pembelajaran Problem Based Learning dan Kemampuan berpikir kritis

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Akuntansi 2022
Depositing User: Iyas -
Date Deposited: 19 Nov 2022 06:20
Last Modified: 19 Nov 2022 06:20
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/61600

Actions (login required)

View Item View Item