PEMBELAJARAN ANALISIS MORFOLOGIS DALAM TEKS BIOGRAFI MENGGUNAKAN METODE PEMBELAJARAN TANDUR PADA PESERTA DIDIK KELAS X SMK PELITA

Suminar, Mia, 185030084 (2022) PEMBELAJARAN ANALISIS MORFOLOGIS DALAM TEKS BIOGRAFI MENGGUNAKAN METODE PEMBELAJARAN TANDUR PADA PESERTA DIDIK KELAS X SMK PELITA. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
1. Cover.pdf

Download (157kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. Pengesahan.pdf

Download (191kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. Abstrak.pdf

Download (101kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. Abstract.pdf

Download (102kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. Abstrak Sunda.pdf

Download (101kB) | Preview
[img]
Preview
Text
10. BAB I.pdf

Download (205kB) | Preview
[img]
Preview
Text
11. BAB II.pdf

Download (352kB) | Preview
[img] Text
12. BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (679kB)
[img] Text
13. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
14. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (105kB)
[img]
Preview
Text
15. Daftar Pustaka.pdf

Download (346kB) | Preview
Official URL: https://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan peningkatan hasil pembelajaran teks biografi, keterampilan menulis dan analisis proses morfologis menggunakan metode pembelajaran TANDUR pada peserta didik kelas X SMK Pelita. Metode pembelajaran tandur merupakan akronim dari Tumbuhkan, Alami, Namai, Demonstrasikan dan Rayakan. Pada pembelajaran teks biografi ini peserta didik dihubungan dengan pengalaman dirinya dan pengetahuan yang ia miliki. Metode penelitian yang digunakan yaitu quasi eksperimen yang terdiri dari kelas kontrol dan kelas eksperimen kedua kelas tersebut akan melaksanakan kegiatan pretes dan postes. Pada masing-masing kelas terdiri dari kurang lebih 45 orang akan tetapi disetiap kelas eksperimen dan kelas kontrol diambil sampel setiap kelas kontrol dan eksperimen dengan jumlah 30 peserta didik. Pada saat dilaksanakan uji normalitas dan uji homogenitas menggunakan uji Leavene pada pembelajaran teks biografi maka data tersebut normal dan homogen, hasil perhitungan uji-t n-gain dengan menggunakan independent sample t-test hasilnya menunjukan 0,000 lebih kecil dari 0,05 dapat disimpulkan terdapat peningkatan yang signifikan antara hasil pembelajaran teks biogrfi kelas eksperimen dan kelas kontrol. Pada saat digunakan uji normalitas dan uji homogenitas data tersebut tidak normal dan tidak homogen maka dilakukan uji non parametrik menggunakan Mann-Withney hasilnya yaitu 0,005 lebih kecil dari pada 0,05 sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat peningkatann kemampuan menulis teks biografi pada kelas eksperimen dan kelas kontrol. Sehingga dapat disimpulkan bahwa metode pembelajaran TANDUR dapat meningkatkan hasil belajaran dan keterampilan menulis teks biografi pada peserta ddik kelas X SMK Pelita. Kata kunci : Pembelajaran, teks biografi , metode pembelajaran TADUR

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bahasa Indonesia 2022
Depositing User: Iyas -
Date Deposited: 05 Nov 2022 02:51
Last Modified: 05 Nov 2022 02:51
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/60812

Actions (login required)

View Item View Item