PUTRI, NAGITA (2022) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA QUIZIZZ TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK (Kelas V & VI SDN Rancamayar 02) (Penelitian Perbandingan Antara Belajar Mengggunakan Media Quizizz & Konvensional Dalam Penelitian Kuantitatif Quasi Eksperimen). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
|
Text
1. Cover.pdf Download (24kB) | Preview |
|
|
Text
2. Pengesahan.pdf Download (431kB) | Preview |
|
|
Text
7. Abstrak.pdf Download (195kB) | Preview |
|
|
Text
8. Abstract.pdf Download (195kB) | Preview |
|
|
Text
9. Abstrak Sunda.pdf Download (195kB) | Preview |
|
|
Text
11. BAB I.pdf Download (462kB) | Preview |
|
|
Text
12. BAB II.pdf Download (1MB) | Preview |
|
Text
13. BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (544kB) |
||
Text
14. BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (660kB) |
||
Text
15. BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (206kB) |
||
|
Text
16. Daftar Pustaka.pdf Download (348kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media Quizizz terhadap hasil belajar peserta didik di SDN Rancamnyar 02. Penelitian ini dilaksanakan di tanggal 16 Agusutus 2022 samapi dengan 27 agustus 2022. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian yaitu metode kuantitatif dengan jenis penelitian kuasi eksperimen (quasi experimental design. Teknik sampling yang digunakan dalam penelitian ini adalah non probality sampling dengan berjumlah 6 guru yaitu kelas VABC dan VI ABC SDN Rancamanyar02. Kelompok eksperimen melakukan pembelajaran dengan media Quizizz. Sedangkan kelas control melakukan pembelajaran dengan menggunakan model pemberlajaran konvensional. Instrument penelitian yang digunakan adala observai dan wawancara. Observasi digunakan berupa 15 aspek pengamatan pada guru untuk mengamati langkah-langkah penggunaan media Quizizz dikelas dan wawancara berupa 20 pertanyaan untuk mengetahui guru seberapa paham konsep penggunaan media Quizizz. Hasil penelitian menunjukan penelitian berjalan dengan efektif, karna hal ini dibuktikan dari peningkatan hasil belajar peserta didik kelas yang menggunakan media Quizizz lebih tinggi dibandungkan dengan peningkatkan hasil belajar peserta didik kelas konvensional. Hasil uji hipoteses menggunakan uji paired t-test data dikatakan memiki pengaruh yang signifikan jika memiliki nilai profitabilitas (p-value) lebih kecil dari 0,05 (5%) dan sebaliknya. Berdasarkan hasil perhitungan pada tabel di atas dapat dilihat bahwa nilai probabilitas memperlihatkan angka yang lebih kecil dari 0,05 baik pada sub 1 & 2 dan sub 3 & 4. Artinya, terdapat perbedaan signifikan hasil belajar peserta didik antara sebelum dan setelah menggunakan media Quizizz, dimana nilai rata-rata setelah menggunakan media Quizizz mengalami peningkatan dibandingkan sebelum menggunakan media Quizizz. Kata Kunci : Media Quizizz, Hasil Belajar
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2022 |
Depositing User: | Mrs Nikita Nabila |
Date Deposited: | 01 Nov 2022 07:14 |
Last Modified: | 01 Nov 2022 07:14 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/60519 |
Actions (login required)
View Item |