Anwar, Risya Fauziatul, 185060156 (2022) PENGGUNAAN MODEL BLENDED LEARNING DENGAN MEDIA AUDIO VISUAL UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA SEKOLAH DASAR (Penelitian Eksperimen Pada Siswa Kelas IV SD Negeri Banjaran di Kabupaten Majalengka). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
|
Text
cover.pdf Download (163kB) | Preview |
|
|
Text
LEMBAR PENGESAHAN RISYA.pdf Download (287kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK ( INDONESIA ).pdf Download (148kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRACT ( INGGRIS ).pdf Download (147kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK ( SUNDA ).pdf Download (148kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (458kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (622kB) | Preview |
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (506kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (482kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (152kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (274kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini memiliki tujuan untuk : 1) Untuk memperoleh gambaran mengenai hasil belajar siswa sekolah dasar pada kelas IV SDN Banjaran 2) Untuk mengetahui hasil belajar siswa dengan penggunaan Model Blended Learning dengan Media Audio Visual untuk meningkatkan hasil belajar siswa 3) Untuk memperoleh gambaran mengenai peningkatan hasil belajar siswa sekolah dasar kelas IV SDN Banjaran dengan Media Audio Visual.Penelitian ini dilatar belakangi oleh pembelajaran yang dilakukan dengan sistem dalam Luring dan dalam jaringan (daring) dan kurangnya pemanfaatan teknologi digital. Media pembelajaran menjadi salah satu komponen penting untuk menunjang hasil belajar siswa. Penelitian ini dilaksanakan di kelas IV SDN Banjaran. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 24 siswa, yaitu kelas IVA sebagai kelas kontrol dan kelas IVB sebagai kelas eksperimen. Metode penelitian dengan bentuk Pretest-protest control grup desain. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu tes, dengan teknik pengolahan data uji normalitas, uji homogenitas, uji-t dan uji N-Gain. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh dalam penggunaan media pembelajaran Audio Visual terhadap hasil belajar siswa pada masa pandemi Covid-19. Hasil uji-t menunjukkan nilai signifikasi sebesar 0,005<0,05 yang diartikan bahwa Ho ditolak atau terdapat pengaruh penggunaan media Audio Visual terhadap hasil belajar siswa. Peningkatan hasil belajar kelas eksperimen memperoleh peningkatan sebesar 36,13% dan kelas kontrol sebesar 19,13%. Maka dapat disimpulkan bahwa penggunaan media Audio Visual dapat meningkatkan hasil belajar pada siswa sekolah dasar kelas IV SDN Banjaran. Kata Kunci : Blended Learning,Audio Visual,Hasil Belajar Siswa.
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2022 |
Depositing User: | Iyas - |
Date Deposited: | 26 Oct 2022 07:01 |
Last Modified: | 26 Oct 2022 07:01 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/60022 |
Actions (login required)
View Item |