PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NHT (NUMBERED HEADS TOGETHER) TERHADAP HASIL BELAJAR (Quasi Eksperimen Pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas XI IPS Semester Ganjil MAN 1 Kota Bandung)

Herliani, Wulan Dewi, 185020050 (2022) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NHT (NUMBERED HEADS TOGETHER) TERHADAP HASIL BELAJAR (Quasi Eksperimen Pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas XI IPS Semester Ganjil MAN 1 Kota Bandung). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
1. cover.pdf

Download (18kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. pengesahan.pdf

Download (3MB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. abstrak.pdf

Download (54kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. abstract.pdf

Download (54kB) | Preview
[img]
Preview
Text
10. abstrak sunda.pdf

Download (52kB) | Preview
[img]
Preview
Text
12. bab I.pdf

Download (199kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. bab II.pdf

Download (219kB) | Preview
[img] Text
14. bab III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (232kB)
[img] Text
15. bab IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (261kB)
[img] Text
16. bab V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (56kB)
[img]
Preview
Text
17. daftar pustaka.pdf

Download (196kB) | Preview
Official URL: https://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan menggunakan motode quasi eksperimen. Penelitian ini dilakukan di MAN 1 Kota Bandung kelas XI IPS. Pengumpulan data menggunakan tes tulis, dokumentasi. Instrumen yang digunakan adalah berupa soal pilihan ganda berjumlah 20 soal dengan 4 pilihan jawaban yang telah diuji tingkat kesukaran soal dan daya pembeda soal. Pengujian analisis data yang digunakan adalah uji deskriptif, uji normalitas, uji homogenitas, uji n-gain, uji hipotesis dan uji koefisien determinasi. Hasil penelitian mengenai Pengaruh model pembelajaran NHT (Numbered Heads Together) terhadap hasil belajar siswa sebagai berikut: berdasarkan temuan penelitian yang dilakukan hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi yang dilakukan di kelas eksperimen terdapat perubahan yang cukup signifikan dari skor pre-test dan post test dimana sebagian besar peserta didik mendapatkan skor diatas KKM setelah dilakukan perlakuan berupa proses pembelajaran menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe NHT (Numbered Heads Together). Diperoleh nilai n-gain 64,6404 atau 64,65% yang disebut juga nilai rata-rata peningkatan hasil belajar peserta didik pada kelas eksperimen yang dapat diklasifikasikan g >56-75% dapat diartikan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe NHT (Numbered Heads Together) cukup efektif untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi kelas XI IPS di MAN 1 Kota Bandung. Berdasarkan hasil pengujian hipotesis menunjukkan nilai signifikansi 0,02 < 0,05 yang artinya terdapat pengaruh hasil belajar menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe NHT (Numbered Heads Together) dengan model pembelajaran STAD berdasarkan hasil pre-test dan post-test kelas eksperimen dan kelas kontrol hal ini menunjukan bahwa pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe NHT terhadap hasil belajar sebesar 52,9% yang artinya tingkat pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe NHT terhadap hasil belajar cukup kuat dan selebihnya 47,1% pengaruh oleh faktor eksternal seperti lingkungan keluarga, sekolah, kondisi masyarakat, serta keadaan lingkungan. Kata kunci : Pengaruh, Numbered Heads Together, Hasil Belajar

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Akuntansi 2022
Depositing User: Iyas -
Date Deposited: 17 Oct 2022 07:26
Last Modified: 17 Oct 2022 07:26
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/59756

Actions (login required)

View Item View Item