PENINGKATAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIS DAN SELF-CONFIDENCE SISWA SMP MELALUI MODEL DISCOVERY LEARNING BERBANTUAN GOOGLE CLASSROOM

RIANA, ADE, 185050033 (2022) PENINGKATAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIS DAN SELF-CONFIDENCE SISWA SMP MELALUI MODEL DISCOVERY LEARNING BERBANTUAN GOOGLE CLASSROOM. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
COVER SKRIPSI.pdf

Download (13kB) | Preview
[img]
Preview
Text
lembar pengesahan.pdf

Download (246kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK INDO.pdf

Download (8kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK INGGRIS.pdf

Download (7kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK SUNDA.pdf

Download (7kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (152kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (155kB) | Preview
[img] Text
BABB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (552kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (640kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (8kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (132kB) | Preview
Official URL: https://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Model pembelajaran yang penggunaannya kurang tepat akan menyebabkan tidak efektifnya kegiatan pembelajaran sehingga tidak jarang kurang tercapainya kegiatan dan tujuan pembelajaran yang diinginkan. Oleh karena itu, perlu adanya pembaruan penggunaan model pembelajaran matematika di sekolah, agar kegiatan pembelajaran menjadi lebih efektif dan berjalan secara optimal. Adapun salah satu alternatif yang dapat digunakan yaitu penerapan pembelajaran model Discovery Learning berbantuan Google Classroom. Model Discovery Learning dilakukan secara berkelompok dengan langkah pembelajaran dimulai dari pemberian rangsangan, pernyataan/identifikasi masalah, pengumpulan data, pengolahan data, pembuktian, dan menarik kesimpulan/generalisasi. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui; apakah peningkatan kemampuan berpikir kritis matematis siswa yang memperoleh model discovery learning berbantuan google classroom lebih tinggi dibandingkan dengan siswa yang memperoleh model pembelajaran biasa; apakah self-confidence siswa yang memperoleh model discovery learning berbantuan google classroom lebih baik dibandingkan dengan siswa yang memperoleh model pembelajaran biasa; apakah terdapat korelasi positif antara kemampuan berpikir kritis matematis dan self-confidence siswa yang memperoleh model discovery learning berbantuan google classroom. Metode penelitian yang digunakan yaitu quasi eksperimen. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII D dan VIII E SMP Negeri 2 Tanjungpandan dengan objeknya kemampuan berpikir kritis matematis dan selfconfidence siswa SMP. Berdasarkan hasil analisis data, diperoleh kesimpulan bahwa: 1) Peningkatan kemampuan berpikir kritis matematis siswa yang memperoleh model pembelajaran discovery learning berbantuan google classroom lebih tinggi daripada siswa yang memperoleh model pembelajaran biasa. 2) Self-confidence siswa yang memperoleh model pembelajaran discovery learning berbantuan google classroom lebih baik daripada siswa yang memperoleh model pembelajaran biasa. 3) terdapat korelasi positif antara kemampuan berpikir kritis matematis siswa dan self-confidence siswa yang memperoleh model pembelajaran discovery learning berbantuan google classroom. Kata kunci: Kemampuan Berpikir Kritis Matematis, Self-confidence, Pembelajaran Discovery Learning berbantuan Google Classroom.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Matematika 2022
Depositing User: Iyas -
Date Deposited: 07 Oct 2022 08:16
Last Modified: 07 Oct 2022 08:16
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/59675

Actions (login required)

View Item View Item