Murti, Yuniar Salsa Ayu (2022) IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD (STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI DI SMA KARTIKA XIX-2 BANDUNG TAHUN AJARAN 2021-2022. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
|
Text
1. Cover.pdf Download (75kB) | Preview |
|
|
Text
2. Pengesahan.pdf Download (843kB) | Preview |
|
|
Text
4. Abstrak.pdf Download (110kB) | Preview |
|
|
Text
5. Abstract.pdf Download (45kB) | Preview |
|
|
Text
6. Ringkesan.pdf Download (45kB) | Preview |
|
|
Text
8. Bab I.pdf Download (188kB) | Preview |
|
|
Text
9. Bab II.pdf Download (159kB) | Preview |
|
Text
10. Bab III.pdf Restricted to Repository staff only Download (273kB) |
||
Text
11. Bab IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (322kB) |
||
Text
12. Bab V.pdf Restricted to Repository staff only Download (54kB) |
||
|
Text
13. Daftar Pustaka.pdf Download (113kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan menggunakan metode quasi eksperimen. Penelitian ini dilakukan di SMA Kartika XIX-2 Bandung kelas X IPS. Pengumpulan data menggunakan tes tulis, dokumentasi. Hasil penelitian mengenai implementasi model pembelajaran kooperatif tipe STAD (student Teams Achievement Division) untuk meningkatkan hasil belajar siswa sebagai berikut: Berdasarkan temuan penelitian yang dilakukan hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi yang dilakukan di kelas eksperimen terdapat perubahan yang cukup signifikan dari skor pre-test dan post-test dimana sebagian besar siswa mendapatkan skor diatas KKM setelah dilakukan perlakuan berupa proses pembelajaran menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD (Student Teams Achievement Division). Diperoleh nilai N-Gain 0,5784 yang disebut juga nilai rata-rata peningkatan hasil belajar siswa pada kelas eksperimen yang dapat diklasifikasikan 0,30 ≥ (g) 0,70. Dapat diartikan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe STAD (Student Teams Achievement Division) cukup efektif untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi kelas X IPS 2 di SMA Kartika XIX-2 Bandung. Berdasarkan hasil pengujian hipotesis menunjukkan nilai signifikansi 0,00 < 0,05 yang artinya terdapat perbedaan hasil belajar menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD (Student Teams Achievement Division) dengan model pembelajaran konvensional berdasarkan hasil pre-test dan post-test kelas eksperimen dan kelas kontrol. Sebagai akhir penelitian penulis menyampaikan pesan kepada sekolah untuk selalu mengevaluasi hasil belajar siswa disetiap model pembelajaran yang digunakan, kepada guru saran yang disampaikan yaitu mencari cara membangkitkan semangat belajar siswa, kepada siswa pesan yang disampaikan yaitu lebih aktif lagi dalam proses pembelajaran, serta kepada peneliti selanjutnya yaitu melakukan penelitian pada kelas yang berbeda dan pada sekolah yang berbeda pula.
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Akuntansi 2022 |
Depositing User: | Mrs Nikita Nabila |
Date Deposited: | 14 Sep 2022 07:23 |
Last Modified: | 14 Sep 2022 07:23 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/58926 |
Actions (login required)
View Item |