PENGARUH PEMBELAJARAN JARAK JAUH TERHADAP KECERDASAN EMOSIONAL PESERTA DIDIK KELAS III SDN 230 MARGAHAYU RAYA KOTA BANDUNG

YUANNISA, FIQA MAHIRA (2022) PENGARUH PEMBELAJARAN JARAK JAUH TERHADAP KECERDASAN EMOSIONAL PESERTA DIDIK KELAS III SDN 230 MARGAHAYU RAYA KOTA BANDUNG. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
1. Cover.pdf

Download (243kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. Pengesahan.pdf

Download (237kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. Abstrak.pdf

Download (216kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. Abstract.pdf

Download (218kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. Abstrak Sunda.pdf

Download (217kB) | Preview
[img]
Preview
Text
11. BAB I.pdf

Download (346kB) | Preview
[img]
Preview
Text
12. BAB II.pdf

Download (682kB) | Preview
[img] Text
13. BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (678kB)
[img] Text
14. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
15. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (341kB)
[img]
Preview
Text
16. Daftar Pustaka.pdf

Download (342kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilakukan karena melihat pembelajaran yang dialihkan menuju daring atau biasa disebut pembelajaran jarak jauh oleh Pemerintah melalui Kemendikbud karena keadaan dimasa pandemi Covid-19. Dengan pemanfaatan teknologi untuk melaksanakan pembelajaran, tidak sedikit ada hambatan baik dari segi teknis maupun akademis. Dari permasalahan yang terjadi saat pembelajaran jarak jauh maka dampak dari aspek perkembangan emosional yang mengakibatkan kurangnya aktivitas sosial, kejenuhan saat belajar, tekanan orang tua dalam mendampingi anaknya, proses belajar yang panjang, penumpukan tugas, dan suasana belajar yang monoton maupun gangguan aktivitas di lingkungan sekitar, merupakan faktorfaktor penghambat kecerdasan emosional anak. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pembelajaran jarak jauh terhadap kecerdasan emosional Peserta Didik kelas III di SDN 230 Margahayu Raya Kota Bandung. Metode penelitian ini merupakan uji deskriptif kuantitatif, menggunakan survei dengan strategi penelitian asosiatif yang digunakan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran jarak jauh (X), terhadap kecerdasan emosional (Y). Subjek yang digunakan pada penelitian ini adalah 52 peserta didik kelas III. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Pembelajaran Jarak Jauh berpengaruh signifikan terhadap Kecerdasan Emosional. Hal ini dapat dilihat dari analisis koefisien determinasi yang menjelaskan bahwa Pembelajaran Jarak Jauh memberikan pengaruh sebesar 0,676 atau 67,6% terhadap Kecerdasan Emosional peserta didik Kelas III. Kata Kunci : Pembelajaran Jarak Jauh, Kecerdasan Emosional.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PPKN 2022
Depositing User: Mrs Nikita Nabila
Date Deposited: 08 Sep 2022 08:59
Last Modified: 08 Sep 2022 08:59
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/58881

Actions (login required)

View Item View Item