PEMANFAATAN APLIKASI WHATSAPP GROUP (WAG) SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN JARAK JAUH (PJJ) PADA SISWA KELAS IV DI SDN KENCANA INDAH II (Penelitian Deskriptif Kualitatif)

NURCAHYANTI,OKTIVIA INDIRA, 185060028 (2022) PEMANFAATAN APLIKASI WHATSAPP GROUP (WAG) SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN JARAK JAUH (PJJ) PADA SISWA KELAS IV DI SDN KENCANA INDAH II (Penelitian Deskriptif Kualitatif). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
1. Cover.pdf

Download (28kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. Lembar Pengesahan.pdf

Download (276kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. Abstrak Bahasa Indonesia.pdf

Download (35kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. Abstrak Bahasa Inggris.pdf

Download (33kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. Abstrak Bahasa Sunda.pdf

Download (36kB) | Preview
[img]
Preview
Text
15. Bab I Pendahuluan.pdf

Download (198kB) | Preview
[img]
Preview
Text
16. Bab II Landasan Teori dan Kerangka Pemikiran.pdf

Download (229kB) | Preview
[img] Text
17. Bab III Metodologi Penelitian.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (219kB)
[img] Text
18. Bab IV Hasil Penelitian dan Pembahasan.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (836kB)
[img] Text
19. Bab V Simpulan dan Saran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (47kB)
[img]
Preview
Text
20. Daftar Pustaka.pdf

Download (117kB) | Preview
Official URL: https://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pemanfaatan Aplikasi WhatsApp Group sebagai Media Pembelajaran Jarak Jauh pada Siswa Kelas IV di SDN Kencana Indah II, hambatan yang terjadi dalam pemanfaatan Aplikasi WhatsApp Group sebagai Media Pembelajaran Jarak Jauh pada Siswa Kelas IV di SDN Kencana Indah II serta solusi yang dilakukan untuk mengatasi hambatan tersebut. Penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Dalam penelitian ini yang menjadi subjek adalah Guru, Peserta Didik, dan Orang Tua Peserta Didik Kelas IV. Pengumpulan data penelitian dilakukan melalui teknik observasi, wawancara, kuesioner (angket), dan studi dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru telah memanfaatkan aplikasi WhatsApp Group sebagai media pembelajaran dalam menunjang kegiatan pembelajaran jarak jauh dengan memanfaatkan berbagai fitur yang tersedia seperti fitur foto, video, dokumen, telepon, dan video call. Kemudahan dirasakan dengan kehadiran fitur WhatsApp Group dan juga penggunaannya yang mudah dan dapat digunakan oleh berbagai kalangan dalam kegiatan belajar mengajar, hal tersebut didukung dengan hasil kuesioner yang menyatakan bahwa 55% responden sangat setuju terhadap kemudahan penggunaan aplikasi WhatsApp Group sebagai media pembelajaran dan 39% responden lainnya setuju dengan pernyataan tersebut. Kemudian dalam pelaksanaan pemanfaatan WhatsApp Group sebagai media pembelajaran jarak jauh terdapat beberapa hambatan, seperti gangguan sinyal, memori handphone penuh, kurangnya interaksi, sulit mengetahui keseriusan belajar peserta didik, kurangnya motivasi belajar peserta didik, fasilitas pendukung pembelajaran online, dan sulit memahami materi yang diberikan. Solusi yang dilakukan untuk mengatasi beberapa hambatan tersebut yang dilakukan guru adalah dengan meminimalisir semua kendala baik dari gangguan sinyal dengan memperpanjang jangka waktu pengiriman tugas, membuat materi pembelajaran lebih sederhana dan mudah dimengerti, melakukan interaksi dengan melakukan video call atau melakukan interaksi secara tatap muka ke sekolah 1 minggu sekali, dan melakukan inovasi media lain seperti Google Classroom dan Zoom Meeting tetapi tidak meninggalkan peran utama penggunaan WhatsApp Group. Kata kunci: WhatsApp Group, Media Pembelajaran, Pembelajaran Jarak Jauh.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2022
Depositing User: Iyas -
Date Deposited: 06 Sep 2022 03:53
Last Modified: 06 Sep 2022 03:53
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/58845

Actions (login required)

View Item View Item