PEMBELAJARAN MENULIS TEKS ANEKDOT DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN CROSSOVER LEARNING PADA SISWA KELAS X SMA MADYA UTAMA

LESTARI, INDAH, 175030056 (2022) PEMBELAJARAN MENULIS TEKS ANEKDOT DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN CROSSOVER LEARNING PADA SISWA KELAS X SMA MADYA UTAMA. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (25kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Pengesahan.pdf

Download (725kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK INDONESIA.pdf

Download (14kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRACTS INGGRIS.pdf

Download (14kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK BAHASA SUNDA.pdf

Download (14kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (199kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (412kB) | Preview
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (545kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (26kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (28kB) | Preview
Official URL: https://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya minat peserta didik khususnya peserta didik kelas x SMA Madya Utama dalam keterampilan menulis terutama pada teks anekdot disebabkan kurangnya kemampuan menuangkan ide dalam bentuk tulisan dan penggunaan metode pembelajaran yang konvensional. Metode crossover learning merupakan metode yang mengkolaborasikan pembelajaran formal (sekolah) dan informal (luar sekolah). Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kemampuan penulis dalam merencanakan, melaksanakan, dan mengevaluasi pembelajaran menulis teks anekdot menggunakan metode pembelajaran crossover learning; mengetahui kemampuan peserta didik kelas ekperimen dalam pemb elajaran menulis teks anekdot menggunakan metode pembelajaran crossover learning dibandingkan kelas kontrol; mengetahui hasil belajar peserta didik kelas ekperimen dalam pembelajaran menulis teks anekdot menggunakan metode pembelajaran crossover learning dibandingkan kelas kontrol; mengetahui keefektifan metode crossover learning yang digunakan dalam pembelajaran menulis teks anekdot menggunakan metode pembelajaran crossover learning dan mengetahui perbedaan keefektifan metode crossover learning dibandingkan metode discovery learning. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah eksperimen dengan desain kuasi eksperimental. Teknik pengumpulan data yang digunakan antara lain: telaah pustaka, observasi, uji coba, tes, dan analisis. Adapun hasil penelitian yaitu, penulis mampu dalam merencanakan pembelajaran dengan memperoleh nilai sebesar 3,55 berkategori sangat baik, dan mampu melaksanakan serta mengevaluasi pembelajaran dengan memperoleh nilai 3,53 berkategori sangat baik. Kemampuan peserta didik kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol dengan rata-rata hasil pretes 37,79 > 36,62 dan rata-rata hasil postes 74,13 > 56,82. Hasil belajar peserta didik kelas eksperimen lebih meningkat dibandingkan kelas kontrol dengan hasil peningkatan sebesar 435,00 > 406,50. Metode crossover learning efektif digunakan pada kelas eksperimen dibandingkan metode discovery learning pada kelas kontrol. Hal ini dibuktikan pada Uji Mann-Whitney (Gain) yang membuktikan hasil signifikasi 0,000. Apabila nilai sig 0,000 < 0,05, maka hipotesis diterima. Berdasarkan hasil tersebut peneliti menyimpulkan bahwa metode crossover learning efektif digunakan pada pembelajaran menulis teks anekdot pada siswa kelas x SMA Madya Utama. Kata kunci: Menulis, teks, anekdot, crossover learning.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bahasa Indonesia 2021
Depositing User: Iyas -
Date Deposited: 20 May 2022 06:27
Last Modified: 20 May 2022 06:27
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/57562

Actions (login required)

View Item View Item