PENGARUH PROFITABILITAS, UKURAN PERUSAHAAN DAN KEPEMILIKAN INSTITUSIONAL, TERHADAP PENGHINDARAN PAJAK (TAX AVOIDANCE) (STUDI PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR SEKTOR INDUSTRI DASAR DAN KIMIA YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA TAHUN 2016-2020)

Salsabila Karina Rahma, 184020161 and R. Muchamad Noch, Drs, M.Ak.,AK.,CA, Pembimbing (2022) PENGARUH PROFITABILITAS, UKURAN PERUSAHAAN DAN KEPEMILIKAN INSTITUSIONAL, TERHADAP PENGHINDARAN PAJAK (TAX AVOIDANCE) (STUDI PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR SEKTOR INDUSTRI DASAR DAN KIMIA YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA TAHUN 2016-2020). Skripsi(S1) thesis, Universitas Pasundan Bandung.

[img] Text
Cover Salsabila.docx

Download (244kB)
[img] Text
ABSTRAK Salsabila.docx

Download (13kB)
[img] Text
BAB I Salsabila.docx

Download (36kB)
[img] Text
BAB II Salsabila.docx

Download (60kB)
[img] Text
BAB III Salsabila.docx

Download (63kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA SALSABILA.docx

Download (16kB)
[img] Text
Lembar Pengesahan Salsabila.docx

Download (14kB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui profitabilitas, ukuran perusahaan dan kepemilikan institusional pada perusahaan Manufaktur sector Industri Dasar dan Kimia yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif dan verifikatif. Populasi dalam penelitian ini adalah 81 perusahaan manufaktur sektot industri dasar dan kimia, dengan sampel sebanyak 21 perusahaan. Teknik Sampling yang digunakan adalah Purposive Sampling. Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan data sekunder dengan menggunakan data laporan keuangan dan laporan tahunan periode 2016-2020. Data penelitian diolah menggunakan software IBM SPSS Statistics 24 untuk menguji uji asumsi klasik, uji normalitas, uji auto korelasi, uji multikolinieritas, uji heterokedasitistas dan Uji Parsial. Profitabilitas berpengaruh positif terhadap penghindaran pajak pada perusahaan manufaktur sektot industri dasar dan kimia yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia sebesar 8,0% dan ukuran perusahaan berpengaruh negative terhadap penghindaran pajak pada perusahaan manufaktur sektot industri dasar dan kimia yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia sebesar 6,3 %. Sedangkan kepemilikan institusional tidak berpengaruh terhadap penghindaran pajak pada perusahaan manufaktur sektot industri dasar dan kimia yang terdaftar sebesar sebesar 1,2%. Kata Kunci: Profitabilitas, Ukuran Perusahaan, Kepemilikan Institusional dan Penghindaran Pajak (Tax Avoidance)

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Ekonomi > Akuntansi 2018
Depositing User: Mr Farid -
Date Deposited: 22 Mar 2022 01:43
Last Modified: 22 Mar 2022 01:43
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/56414

Actions (login required)

View Item View Item