FEBRIANA, MOCH YUDIMAN, 145060080 (2022) PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV PADA SUBTEMA KEBERSAMAAN DALAM KEBERAGAMAN. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
|
Text
1. Cover.pdf Download (99kB) | Preview |
|
|
Text
2. Pengesahan.pdf Download (56kB) | Preview |
|
|
Text
7. Abstrak Indonesia.pdf Download (87kB) | Preview |
|
|
Text
7. Abstrak Inggris.pdf Download (83kB) | Preview |
|
|
Text
7. Abstrak Sunda.pdf Download (86kB) | Preview |
|
|
Text
9. BAB I.pdf Download (178kB) | Preview |
|
|
Text
10. BAB II.pdf Download (236kB) | Preview |
|
Text
11. BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (420kB) |
||
Text
12. BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (984kB) |
||
Text
13. BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (92kB) |
||
|
Text
14. Daftar Pustaka.pdf Download (153kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini dilaksanakan berawal dari pengamatan dan diskusi dengan guru IV Semester II SDN Cikaro 1 Kecamatan Majalaya Kabupaten Bandung telah terlaksana dengan baik, dapat diketahui bahwa dengan menggunakan model Problem Based Learning dapat meningkatkan prestasi belajar dan sikap peduli siswa di dalam pembelajaran khususnya pada subtema Kebersamaan dalam keberagamanpada setiap siklusnya. Hal ini terlihat dari hasil pengamatan siklus III mencapai kategori sangat baik. Sehingga penelitian ini dapat dikatakan berhasil. Hasil penilaiansiklus I menunjukkan bahwa dari 30 orang siswa yang mencapai KKM atau dianggap tuntas sebanyak 24 orang dengan persentase 80%. Hasil penilaian siklus II menunjukkan bahwa dari 30 orang siswa yang sudah mencapai KKM atau dianggap tuntas sebanyak 26 orang dengan persentase 86,6%. Hasil penilaian siklus III menunjukkan bahwa dari 30 orang siswa yang sudah mencapai KKM atau dianggap tuntas sebanyak 28 orang dengan persentase 93%. Sikap pedulisiswa meningkat dengan menggunakan model Problem Based Learning pada subtema Kebersamaan dalam keberagaman di kelas IV semester I SDN Cikaro 1 Kecamatan Majalaya Kabupaten Bandung. Hal ini terlihat dari setiap siklusnya, dimulai dari siklus I sebanyak 22 orang dengan kategori baik. Siklus II siswa memperoleh 27 orang dengan kategori baik, meningkat menjadi 28 orang dengan kategori baik pada siklus III. Berdasarkan hasil yang telah dicapai oleh siswa maka dapat disimpulkan bahwa dengan penggunaan model Problem Based Learning, rasa percaya diri dan hasil belajar siswa pada pembelajaran subtema kebersamaan dalam ke beragaman. Kata Kunci: Problem Based Learning, Rasa Percaya Diri dan Hasil Belajar.
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2021 |
Depositing User: | Iyas - |
Date Deposited: | 09 Mar 2022 07:16 |
Last Modified: | 09 Mar 2022 07:16 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/56101 |
Actions (login required)
View Item |