ANALISIS SEMIOTIKA IKLAN GOJEK “LAGU PERSEMBAHAN UNTUK PARA CERDIKIAWAN” VERSI ROSSA DI YOUTUBE

Kartika Karniasih, 172050023 (2022) ANALISIS SEMIOTIKA IKLAN GOJEK “LAGU PERSEMBAHAN UNTUK PARA CERDIKIAWAN” VERSI ROSSA DI YOUTUBE. Skripsi(S1) thesis, FISIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
dapus.pdf

Download (59kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (129kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 1.pdf

Download (283kB) | Preview
[img]
Preview
Text
abstrak.pdf

Download (129kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Lembar Pengesahan .pdf

Download (195kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 2.pdf

Download (423kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini berjudul Analisis Semiotika Iklan Gojek “Lagu Persembahan Untuk Para Cerdikiawan” Versi Rossa. Iklan ini merupakan bentuk persembahan untuk menyemangati masyarakat di tengah kondisi pandemi seperti ini serta memotivasi agar mempunyai pemikiran yang cerdik dalam memecahkan permasalahan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui makna dari setiap simbol - simbol yang ditampilkan dalam Iklan Gojek “Lagu Persembahan Untuk Para Cerdikiawan” Versi Rossa yang ditayangkan di YouTube. Pada penelitian ini makna yang diuraikan menjadi tiga makna sesuai dengan konsep semiotika Charles Sander Pierce yaitu representamen, objek dan interpretan. Selain untuk mengetahui makna yang terkandung dari simbol - simbol yang ditampilkan, pada penelitian ini juga ditunjukan untuk mengetahui bagaimana konstruksi realitas sosial yang coba dibangun melalui iklan tersebut. Iklan ini menggunakan pendekatan metode kualitatif, dengan pendekatan teori yang digunakan adalah teori Charles Sander Pierce. Penelitian kualitatif memungkinkan peneliti untuk dijelaskan secara terperinci dan detail dengan gaya tulisan naratif. Data dan fakta yang ditemukan selama penelitian dijelaskan secara deskriptif kedalam bentuk paragraf. Berdasarkan hasil penelitian ini makna yang terkandung menunjukan bahwa setiap simbol yang ditampilkan memiliki pemaknaan yang mengarah pada pesan sosial. Selain itu realitas sosial yang dibangun dalam iklan tersebut memiliki pengaruh terhadap pola pikir masyarakat modern saat ini. Dimana kita dituntut untuk berpikir cepat dan inovatif dalam mengikuti perkembangan zaman. Karena kita bisa membuka peluang kerja dari hal kecil sekalipun. Makna tersirat dalam iklan tersebut adalah ditengah kondisi saat ini, dimana sangat sulit dalam mencari pekerjaan. Kita tetap harus berjuang dan tidak boleh patah harapan. Karena kita mampu bangkit dan membuka peluang untuk bisa mencapai impian, jika ada kemauan dan Gojek membantu memfasilitasi masyarakat dengan aplikasi mereka. Fitur – fitur yang ditawarkan sangat membantu memperbaiki perekonomian masyarakat dan berharap kedepannya akan menjadi jauh lebih baik. Kata Kunci : Analisis Semiotika, Iklan Gojek, Cerdikiawan

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi 2017
Depositing User: mr yogi -
Date Deposited: 21 Feb 2022 02:37
Last Modified: 21 Feb 2022 02:37
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/55772

Actions (login required)

View Item View Item