Putri, Rifa Thahira, 175060005 (2022) ANALISIS PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN FLASH CARD UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MEMBACA PERMULAAN PESERTA DIDIK DI SEKOLAH DASAR (Analisis Deskritif Kualitatif Penelitian Studi Literatur). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
|
Text
01. COVER.pdf Download (60kB) | Preview |
|
|
Text
02. Lembar Pengesahan.pdf Download (269kB) | Preview |
|
|
Text
03. ABSTRAK INDO.pdf Download (32kB) | Preview |
|
|
Text
04. ABSTRAK INGGRIS.pdf Download (31kB) | Preview |
|
|
Text
05. ABSTREK SUNDA.pdf Download (32kB) | Preview |
|
|
Text
07. BAB I.pdf Download (177kB) | Preview |
|
|
Text
08. BAB II.pdf Download (692kB) | Preview |
|
Text
09. BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (330kB) |
||
Text
10. BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (422kB) |
||
Text
11. BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (45kB) |
||
|
Text
12. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (221kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini di dilatar belakangi dengan terdapat rendahnya keterampilan membaca permulaan peserta didik di sekolah dasar yang disebabkan oleh pembelajaran di kelas tidak menggunakan media sehingga peserta didik hanya mengikuti arah pembelajaran dan mereka merasa bosan. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mendeskripsikan hasil analiss dan kajian mengenai penggunaan media pembelajaran Flash Card akan dapat membantu untuk meningkatkan keterampilan membaca permulaan peserta didik di sekolah dasar. Dengan menggunakan metode penelitian studi literatur atau bisa di sebut juga dengan studi kepustakaan yang merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan pengumpulan data berupa buku, jurnal nasional maupun jurnal internasional terdahulu mengenai media pembelajaran untuk meningkatkan keterampilan membaca permulaan peserta didik. Berdasarkan hasil dari penelitian strudi literatur dapat disimpulakan bahwa (1) media Flash Card merupakan media pembelajaran berupa kartu bergambar serta mempunyai sebuah kata-kata arti atau penjelasan dari gambar tersebut, (2) pembelajaran dengan media Flash Card membuat peserta didik lebih aktif dan menyenangkan karena rata-rata dengan menggunakan game sehingga peserta didik lebih semangat, (3) media Flash Card dapat meningkatkan keterampilan membaca permulaan peserta didik. Hal ini di buktikan dari hasil analisis dari beberapa jurnal peneli terdahulu yang menunjukkan bahwa hasil dari penggunaan media Flash Card dapat meningkatkan peserta didik untuk membaca permulaan, karena media Flash Card menjadi daya tarik peserta didik saat pembelajaran berlangsung. Menggunakan media Flash Card dapat menimbulkan suasana kelas menjadi semangat serta peserta didik lebih aktif dalam pembelajaran di kelas. Kata kunci: Media Flash Card, Keterampilan Membaca Permulaan, Peserta didik
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2021 |
Depositing User: | Iyas - |
Date Deposited: | 17 Jan 2022 08:03 |
Last Modified: | 17 Jan 2022 08:03 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/54966 |
Actions (login required)
View Item |