ANALISIS MODEL PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA SEKOLAH DASAR (Penelitian Studi Literatur)

Sari, Reny Kartik, 175060013 (2021) ANALISIS MODEL PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA SEKOLAH DASAR (Penelitian Studi Literatur). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
1. Cover hardcover.pdf

Download (26kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. Lembar Pengesahan.pdf

Download (131kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. Abstak Indonesia.pdf

Download (88kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. Abstrak Inggris.pdf

Download (87kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. Abstrak Sunda.pdf

Download (88kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. BAB I.pdf

Download (497kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14. BAB II.pdf

Download (261kB) | Preview
[img] Text
15. BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (263kB)
[img] Text
16. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (257kB)
[img] Text
17. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (99kB)
[img]
Preview
Text
18. Daftar Pustaka.pdf

Download (221kB) | Preview
Official URL: https://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan masih rendahnya kemampuan berpikir kritis siswa sekolah dasar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui konsep kemampuan berpikir kritis, pelaksanaan model problem based learning, dan peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa menggunakan model problem based learning. Metode penelitian yang digunakan adalah studi literatur yang merupakan penelitian deskriptif kualitatif dengan pengumpulan jurnal, artikel, buku, dan hasil penelitian terdahulu. Sumber data yang digunakan adalah sumber primer dan sekunder. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah editing, organizing, dan finding. Analisis data yang digunakan adalah deduktif,induktif, interpretatif, dan komparatif. Kemampuan berpikir kritis merupakan kemampuan berpikir tingkat tinggi sehingga harus dipelajari secara secara terus menerus, selain itu kemampuan berpikir kritis sangat dibutuhkan oleh siswa dalam kehidupan bermasyarakat, namun kemampuan berpikir kritis cenderung terabaikan pada proses pembelajaran. Kemampuan berpikir kritis siswa dapat meningkat dengan menggunakan model pembelajaran yang tepat seperti model problem based learning. Model problem based learning merupakan model pembelajaran yang berfokus pada permasalahan yang berikan dalam kehidupan sehari-hari guna melatih siswa dalam mengembangkan keterampilan dalam memecahkan masalah sehingga meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa. Hasil analisis jurnal peneltian terdahulu menunjukkan bahwa model problem based learning dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa secara signifikan, hal ini dilihat dari hasil kegiatan pembelajaran. Berdasarkan penelitian yang telah peneliti analisis bahwa penggunaan model problem based learning dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa sekolah dasar. Kata kunci: Problem Based Learning, Berpikir Kritis.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2021
Depositing User: Iyas -
Date Deposited: 10 Nov 2021 07:46
Last Modified: 10 Nov 2021 07:46
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/54174

Actions (login required)

View Item View Item