KAJIAN TENTANG PENGARUH PENGGUNAAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS NARASI PESERTA DIDIK SEKOLAH DASAR

RATNANINGSIH, NANI (2021) KAJIAN TENTANG PENGARUH PENGGUNAAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS NARASI PESERTA DIDIK SEKOLAH DASAR. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (34kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (225kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK Bahasa Indonesia.pdf

Download (8kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK Bahasa Inggris.pdf

Download (108kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK Bahasa Sunda.pdf

Download (9kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (157kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (137kB) | Preview
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (124kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (67kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (38kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (128kB) | Preview
Official URL: https://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh adanya peningkatan dalam keterampilan menulis karangan narasi peserta didik di sekolah dasar, setelah melaksanakan pembelajaran dengan menggunakan pendekatan kontekstual. Melihat dari beberapa penelitian terdahulu, peningkatan tersebut terjadi dalam presentase yang beragam. Oleh karena itu, penelitian ini dilaksanakan untuk mengetahui alasan yang terdapat di balik peningkatan keterampilan menulis karangan narasi peserta didik sekolah dasar dengan pendekatan kontekstual. Tujuan dari penelitian ini, selain untuk mengetahui penyebab meningkatnya keterampilan menulis karangan narasi peserta didik, juga untuk mengetahui bagaimana konsep serta strategi dari penggunaan pendekatan kontekstual selama pembelajaran sehingga dapat mewujudkan hasil yang optimal. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini ialah studi pustaka, yaitu dengan mengkaji tiga belas jurnal utama. Kajian tersebut dilakukan dengan teknik analisis data berupa teknik analisis interpretatif, komparatif, deduktif, dan induktif. Dari penelitian ini, didapat hasil berupa adanya beberapa alasan yang menunjang terjadinya peningkatan keterampilan menulis karangan narasi peserta didik sekolah dasar dengan menggunakan pendekatan kontekstual, diantaranya ialah tingginya tingkat keaktifan dan rasa antusiasme siswa. Selain itu juga penyampaian yang baik dari pendidik selama pembelajaran berlangsung, tingkat fokus yang tinggi, serta suasana belajar yang lebih bermakna. Kata Kunci: pendekatan kontekstual, keterampilan menulis narasi

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2021
Depositing User: Mr Bayu Anggi Pranata
Date Deposited: 05 Nov 2021 06:45
Last Modified: 05 Nov 2021 06:45
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/53682

Actions (login required)

View Item View Item