ANALISIS KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS DAN KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA SEKOLAH MENENGAH DENGAN MODEL REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION (RME)

PRIMANANDA,,AKHIRA, 175050016 (2021) ANALISIS KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS DAN KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA SEKOLAH MENENGAH DENGAN MODEL REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION (RME). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
1. COVER AKHIRA P.pdf

Download (91kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. LEMBAR PENGESAHAN AKHIRA P.pdf

Download (358kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. ABSTRAK BAHASA INDONESIA AKHIRA P.pdf

Download (83kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. ABSTRACT INGGRIS AKHIRA P.pdf

Download (82kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. ABSTRAK SUNDA AKHIRA P.pdf

Download (83kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. BAB I AKHIRAP.pdf

Download (388kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. BAB II AKHIRA P.pdf

Download (473kB) | Preview
[img] Text
8. BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (674kB)
[img] Text
9. BAB IV AKHIRA P.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (332kB)
[img] Text
10. BAB V AKHIRA P.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (86kB)
[img]
Preview
Text
11. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (231kB) | Preview
Official URL: https://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Kemampuan penalaran matematis dan kemandirian belajar termasuk sebagai kemampuan yang harus dimiliki oleh siswa. Namun faktanya, berdasarkan literatur terlihat bahwa kemampuan tersebut masih belum dimiliki siswa secara maksimal. Maka, penelitian ini bertujuan untuk; 1) Mendeskripsikan kemampuan penalaran matematis siswa dengan model pembelajaran Realistic Mathematics Education (RME), 2) Mendeskripsikan kemampuan kemandirian belajar siswa dengan model pembelajaran Realistic Mathematics Education (RME), 3) Mendeskripsikan korelasi kemandirian belajar terhadap kemampuan penalaran matematis siswa. Model pembelajaran Realistic Mathematics Education (RME) sebagai solusinya untuk membantu siswa mengembangkan kemampuan tersebut. Model RME dipercaya dapat memberikan ruang kebebasan bagi siswa karena pembelajarannya berpusat pada siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian kepustakaan atau library research studi literatur berdasarkan berbagai sumber penelitian terdahulu yang relevan. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa kemampuan penalaran matematis dan kemandirian belajar siswa di sekolah menengah lebih baik saat menggunakan model pembelajaran RME dibandingkan dengan menggunakan model pembelajaran konvensional, serta kemampuan penalaran matematis dan kemandirian belajar itu saling berkorelasi satu sama lain. Kata kunci: Kemampuan penalaran matematis, kemandirian belajar, Realistic Mathematics Education (RME)

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Matematika 2021
Depositing User: Iyas -
Date Deposited: 02 Nov 2021 03:22
Last Modified: 02 Nov 2021 03:22
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/53536

Actions (login required)

View Item View Item