PRIMANANDA,,AKHIRA, 175050016 (2021) ANALISIS KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS DAN KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA SEKOLAH MENENGAH DENGAN MODEL REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION (RME). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
|
Text
1. COVER AKHIRA P.pdf Download (91kB) | Preview |
|
|
Text
2. LEMBAR PENGESAHAN AKHIRA P.pdf Download (358kB) | Preview |
|
|
Text
3. ABSTRAK BAHASA INDONESIA AKHIRA P.pdf Download (83kB) | Preview |
|
|
Text
4. ABSTRACT INGGRIS AKHIRA P.pdf Download (82kB) | Preview |
|
|
Text
5. ABSTRAK SUNDA AKHIRA P.pdf Download (83kB) | Preview |
|
|
Text
6. BAB I AKHIRAP.pdf Download (388kB) | Preview |
|
|
Text
7. BAB II AKHIRA P.pdf Download (473kB) | Preview |
|
Text
8. BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (674kB) |
||
Text
9. BAB IV AKHIRA P.pdf Restricted to Repository staff only Download (332kB) |
||
Text
10. BAB V AKHIRA P.pdf Restricted to Repository staff only Download (86kB) |
||
|
Text
11. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (231kB) | Preview |
Abstract
Kemampuan penalaran matematis dan kemandirian belajar termasuk sebagai kemampuan yang harus dimiliki oleh siswa. Namun faktanya, berdasarkan literatur terlihat bahwa kemampuan tersebut masih belum dimiliki siswa secara maksimal. Maka, penelitian ini bertujuan untuk; 1) Mendeskripsikan kemampuan penalaran matematis siswa dengan model pembelajaran Realistic Mathematics Education (RME), 2) Mendeskripsikan kemampuan kemandirian belajar siswa dengan model pembelajaran Realistic Mathematics Education (RME), 3) Mendeskripsikan korelasi kemandirian belajar terhadap kemampuan penalaran matematis siswa. Model pembelajaran Realistic Mathematics Education (RME) sebagai solusinya untuk membantu siswa mengembangkan kemampuan tersebut. Model RME dipercaya dapat memberikan ruang kebebasan bagi siswa karena pembelajarannya berpusat pada siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian kepustakaan atau library research studi literatur berdasarkan berbagai sumber penelitian terdahulu yang relevan. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa kemampuan penalaran matematis dan kemandirian belajar siswa di sekolah menengah lebih baik saat menggunakan model pembelajaran RME dibandingkan dengan menggunakan model pembelajaran konvensional, serta kemampuan penalaran matematis dan kemandirian belajar itu saling berkorelasi satu sama lain. Kata kunci: Kemampuan penalaran matematis, kemandirian belajar, Realistic Mathematics Education (RME)
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Matematika 2021 |
Depositing User: | Iyas - |
Date Deposited: | 02 Nov 2021 03:22 |
Last Modified: | 02 Nov 2021 03:22 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/53536 |
Actions (login required)
View Item |