REPRESENTASI MASKULINITAS PRIA DALAM IKLAN KOSMETIK (Analisis Semiotika Roland Barthes Dalam Iklan Kosmetik Nature Republic Di Instagram)

Nadia Islamiah, 172050108 (2021) REPRESENTASI MASKULINITAS PRIA DALAM IKLAN KOSMETIK (Analisis Semiotika Roland Barthes Dalam Iklan Kosmetik Nature Republic Di Instagram). Skripsi(S1) thesis, FISIP UNPAS.

[img] Text
DAFTAR ISI.docx

Download (36kB)
[img] Text
COVER SKRIPSI.docx

Download (51kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.docx

Download (32kB)
[img] Text
LAMPIRAN.docx

Download (772kB)
[img] Text
LEMBAR PERSETUJUAN.docx

Download (52kB)
[img] Text
KATA PENGANTAR.docx

Download (35kB)
[img] Text
BAB I.docx

Download (44kB)
[img] Text
ABSTRAK 3 BAHASA.docx

Download (34kB)
[img] Text
BAB II.docx

Download (119kB)

Abstract

Penelitian ini berjudul “Representasi Maskulinitas Pria Dalam Iklan Kosmetik (Analisis Semiotika Roland Barthes Dalam Iklan Kosmetik Nature Republic Di Instagram)”. Iklan ini memiliki makna dan tanda yang merupakan sebuah gambaran suatu ciri maskulinitas pada pria. Seiring berkembangnya zaman, teknologi semakin canggih dalam menyebarkan informasi mengakibatkan media untuk beriklan semakin beragam. Salah satunya media Instagram yang termasuk media sosial yang paling banyak digunakan di seluruh dunia termasuk Indonesia. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui makna denotasi, makna konotasi, dan mitos dalam Iklan Kosmetik Nature Republic. Serta bagaimana sebuah iklan mengkonstruksikan konsep maskulinitas berdasarkan realitas sosial di dalam masyarakat yang direpresentasikan berdasarkan penampilan fisik, ekspresi, gaya hidup, gaya berpakaian, latar tempat, pemilihan warna, dan pemilihan backsound musik. Peneliti menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan analisis semiotika Roland Barthes. Teori yang digunakan adalah Teori Konstruksi Realitas Sosial. Dan teknik pengumpulan data yang peneliti gunakan adalah observasi, wawancara mendalam, dokumentasi, dan literatur. Berdasarkan hasil penelitian, peneliti menarik kesimpulan bahwa iklan mengkonstruksikan sebuah gambaran maskulinitas seorang pria bahwa maskulinitas seorang pria identic dengan merawat tubuh, memperhatikan penampilan fisik, memperhatikan gaya hidup, pria yang fashionable, pria yang berani, pria yang memiliki karakter soft masculinity. Iklan ini menggambarkan mengenai pria maskulinitas yang cenderung metroseksual. Kata kunci : Iklan, Semiotika Roland Barthes, Reprsentasi Maskulinitas.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi 2017
Depositing User: mr yogi -
Date Deposited: 21 Oct 2021 04:56
Last Modified: 21 Oct 2021 04:56
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/53238

Actions (login required)

View Item View Item