RINRIN JIHAN AJRIANI, 175060114 (2021) PENERAPAN MODEL DISCOVERY LEARNING DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK DI SEKOLAH DASAR. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
|
Text
1. COVER_RINRIN_175060114.pdf Download (25kB) | Preview |
|
|
Text
2. Lembar Pengesahan_RINRIN_175060114.pdf Download (59kB) | Preview |
|
|
Text
4. ABSTRAK INDONESIA_RINRIN_175060114.pdf Download (14kB) | Preview |
|
|
Text
5. ABSTRAK INGGRIS_RINRIN_175060114.pdf Download (14kB) | Preview |
|
|
Text
6. ABSTRAK B.SUNDA_RINRIN_175060114.pdf Download (14kB) | Preview |
|
|
Text
14. BAB I_RINRIN_175060114.pdf Download (41kB) | Preview |
|
|
Text
15. BAB II_RINRIN_175060114.pdf Download (80kB) | Preview |
|
Text
16. BAB III_RINRIN_175060114.pdf Restricted to Repository staff only Download (42kB) |
||
Text
17. BAB IV_RINRIN_175060114.pdf Restricted to Repository staff only Download (89kB) |
||
Text
18. BAB V_RINRIN_175060114.pdf Restricted to Repository staff only Download (19kB) |
||
|
Text
19. DAFTAR PUSTAKA_RINRIN_175060114.pdf Download (43kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kemampuan berpikir kritis pada peserta didik dengan penerapan model pembelajaran discovery learning. Penelitian ini didasari oleh temuan pada saat observasi terlihat bahwa kurangnya kemampuan berpikir kritis peserta didik karena kurang tepatnya penggunaan model pembelajaran yang digunakan pada saat proses pembelajaran. Metode penelitian yang digunakan pada model discovery learning ini metode kualitatif dengan menggunakan studi pustaka. Data yang dikumpulkan bersumber dari data primer dan data sekunder. Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data terdiri dari editing, organizing dan finding. Analisis data penelitian ini menggunakan metode deduktif, induktif, komparatif serta interpretatif. Dari hasil analisis oleh beberapa penelitian ditemukan bahwa model pembelajaran discovery learning berpusat pada peserta didik sehingga membuat peserta didik menjadi aktif. Penerapan model pembelajaran discovery learning dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis pada peserta didik. Hal ini terlihat pada saat proses pembelajaran berlangsung peserta didik mampu menganalisis, mempelajari serta menarik kesimpulan terhadap persoalan yang diberikan. Model pembelajaran discovery learning merupakan pembelajaran yang membuat peserta didik menjadi lebih aktif dengan menemukan sendiri pengetahuannya. Model pembelajaran discovery learning memberikan pengaruh serta dampak yang baik untuk kemampuan berpikir kritis peserta didik. Dengan penerapan model pembelajaran discovery learning kemampuan berpikir kritis peserta didik menjadi meningkat karena dengan penerapan model pembelajaran discovery learning melatih peserta didik untuk belajar mengembangkan kemampuannya sendiri. Kata kunci: discovery learning, kemampuan berpikir kritis
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2021 |
Depositing User: | Mr Bayu Anggi Pranata |
Date Deposited: | 21 Oct 2021 04:44 |
Last Modified: | 21 Oct 2021 04:44 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/53236 |
Actions (login required)
View Item |