MUHAMMAD FADHIL ABDILAH, 165030035 (2021) PEMBELAJARAN MENGANALISIS KETEPATAN PENGGUNAAN UNSUR KEBAHASAAN TEKS RESENSI DENGAN MENGGUNAKAN METODE DIRECTED READING THINKING ACTIVITY (DRTA) PADA PESERTA DIDIK KELAS XI SMK YASPIF CIBUAYA TAHUN PELAJARAN 2020/2021. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
|
Text
1. COVER.pdf Download (64kB) | Preview |
|
|
Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (61kB) | Preview |
|
|
Text
3. ABSTRAK.pdf Download (82kB) | Preview |
|
|
Text
4. ABSTRACT.pdf Download (86kB) | Preview |
|
|
Text
5. RINGKESAN.pdf Download (85kB) | Preview |
|
|
Text
6. BAB I.pdf Download (322kB) | Preview |
|
|
Text
7. BAB II.pdf Download (196kB) | Preview |
|
Text
8. BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (377kB) |
||
Text
9. BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
Text
10. BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (50kB) |
||
|
Text
11. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (114kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini berawal dari masalah yang menyatakan, bahwa minimnya kemampuan menganalisis resensi buku menyebabkan peserta didik tidak mampu memahami unsur-unsur yang terdapat dalam resensi buku. Tujuan penelitian ini dilakukan untuk mengetahui kemampuan penulis dalam melaksanakan pembelajaran menganalisis ketepatan penggunaan unsur kebahasaan teks resensi dengan menggunakan metode Directed Reading Thinking Activity (DRTA), mendeskripsikan kemampuan peserta didik kelas XI SMK Yaspif Cibuaya dalam menganalisis ketepatan penggunaan unsur kebahasaan teks resensi, dan mengetahui hubungan antara metode Directed Reading Thinking Activity (DRTA) dengan hasil belajar menganalisis ketepatan penggunaan unsur kebahasaan teks resensi. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode campuran (mix methods) dengan teknik telaah pustaka, observasi, tes, uji coba, dan analisis data. Hasil penelitian yang didapatkan penulis adalah sebagai berikut: (1) penulis mampu melaksanakan pembelajaran menganalisis ketepatan penggunaan unsur kebahasaan teks resensi dengan menggunakan metode Directed Reading Thinking Activity (DRTA), dibuktikan dengan nilai rata-rata dari perencanaan dan pelaksanaan pembelajaran, yaitu 3,8, dengan kategori sangat baik; (2) peserta didik kelas XI SMK Yaspif Cibuaya mampu menganalisis ketepatan penggunaan unsur kebahasaan teks resensi dengan menggunakan metode Directed Reading Thinking Activity (DRTA). Hal itu terbukti dari peningkatan hasil belajar dengan nilai pascates lebih besar dari nilai prates, yakni 71,1 ≥ 25,2 dengan selisih 45,9; dan (3) terdapat hubungan antara metode Directed Reading Thinking Activity (DRTA) dengan hasil belajar menganalisis ketepatan penggunaan unsur kebahasaan teks resensi. Hal ini dibuktikan dari hasil uji korelasi product moment/pearson dengan hasil rhitung sebesar 0,381 dan hasil rtabel sebesar 0,374 dalam taraf signifikansi 5% serta derajat kebebasan sebesar 28. Dapat disimpulkan, bahwa pembelajaran menganalisis ketepatan penggunaan unsur kebahasaan teks resensi dengan menggunakan metode Directed Reading Thinking Activity (DRTA) menunjukkan keberhasilan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini pun sangat disarankan terutama dalam pembelajaran membaca. Kata Kunci: Directed Reading Thinking Activity (DRTA), Menganalisis, Pembelajaran Membaca, Teks Resensi, Unsur Kebahasaan
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bahasa Indonesia 2018 |
Depositing User: | Iyas - |
Date Deposited: | 27 Jan 2021 06:25 |
Last Modified: | 27 Jan 2021 06:25 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/50336 |
Actions (login required)
View Item |