LARAS SRI YULYANTI, 165060099 (2021) ANALISIS KETERAMPILAN BERBICARA PESERTA DIDIK SEKOLAH DASAR MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE (TPS) (Analisis Deskriptif Dengan Teknik Studi Literatur). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
|
Text
COVER.pdf Download (30kB) | Preview |
|
|
Text
Lembar Pengesahan.pdf Download (516kB) | Preview |
|
|
Text
Abstrak Indonesia.pdf Download (205kB) | Preview |
|
|
Text
Abstrak Inggris.pdf Download (205kB) | Preview |
|
|
Text
Abstrak Sunda.pdf Download (205kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (532kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (564kB) | Preview |
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (230kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (467kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (208kB) |
||
|
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (632kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh permasalahan rendahnya keterampilan berbicara peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana konsep model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS), konsep keterampilan berbicara peserta didik di Sekolah Dasar, serta bagaimana peningkatan keterampilan berbicara dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS). Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu studi kepustakaan (library research) dengan analisis data induktif dan deduktif melalui sumber data yang didapat dari berbagai macam jurnal, buku serta karya ilmiah lainnya. Berdasarkan hasil dari beberapa jurnal terdahulu menunjukan bahwa penggunaan model kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) dapat meningkatkan keterampilan berbicara peserta didik di Sekolah Dasar, karena model kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) merupakan model pembelajaran yang mengarahkan peserta didik untuk belajar secara kelompok, serta berdiskusi dan mengajarkan untuk mengungkapkan pendapat, selain itu sintaknyapun jelas dengan berawal dari Think yang mengarahkan peserta didik untuk berpikir ataupun berdiskusi, lalu Pair dengan cara berpasangan, dan yang terakhir adalah Share yaitu sesi dimana peserta didik mengungkapkan hasil diskusi mereka. Tidak hanya itu menurut teori dari beberapa jurnal yang di analisis menyatakan bahwa keterampilan berbicara dapat meningkat karena adanya dorongan dari beberapa faktor internal dan eksternal. Kesimpulannya model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) ini efektif untuk digunakan di Sekolah Dasar karena dapat membawa keaktifan kelas, serta dapat meningkatkan keterampilan berbicara peserta didik. Kata kunci: Keterampilan berbicara, Pesera didik, Think Pair Share (TPS)
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2018 |
Depositing User: | Iyas - |
Date Deposited: | 27 Jan 2021 04:14 |
Last Modified: | 27 Jan 2021 04:14 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/50329 |
Actions (login required)
View Item |