ANALISIS STRATEGI PENERAPAN MANAJEMEN PESANTREN DALAM UPAYA PEMBENTUKAN KARAKTER SANTRI (Studi Kasus di Pondok Pesantren Modern Darul Halim)

Wafiqa Rafa Abqari, NPM : 178020032 (2020) ANALISIS STRATEGI PENERAPAN MANAJEMEN PESANTREN DALAM UPAYA PEMBENTUKAN KARAKTER SANTRI (Studi Kasus di Pondok Pesantren Modern Darul Halim). Thesis(S2) thesis, PERPUSTAKAAN PASCASARJANA.

[img] Text
COVER TESIS.docx

Download (95kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.docx

Download (26kB)
[img] Text
BAB I.docx

Download (44kB)
[img] Text
BAB II.docx

Download (184kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.docx

Download (27kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana program yang diterapkan dalam pembentukan karakter islami santri, kinerja yang sudah dicapai di pondok pesanren modern, mengetahui faktor penghambat pembentukan karakter disiplin santri melalui program pengasuhan di pondok pesantren modern Darul Halim serta mengetahui perbaikan dari rencana strategis untuk pondok pesantren Darul Halim yang dapat meningkatkan karakter islami santri. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif, yaitu penelitian yang di lakukan pada kondisi yang alamiah (natural setting). Analisis data yang dipergunakan dalam penelitian kualitatif ini adalah data reduction, data display, dan conclusion drawing/verivication. Hasil penelitian menunjukan bahwa beberapa kondisi real rencana strategis Pondok Pesantren Darul Halim, baik kondisi internal maupun eksterbal, hal ini dapat diketahui dengan kondisi: (1) masih kurangnya informasi dan sosialisasi sehingga pemahaman warga pondok pesantren mengenai rencana strategis sekolah masih perlu ditingkatkan kembali, (2) belum terbentuknya tim khusus yang menyusun rencana strategis Pondok Pesantren Darul Halim sehingga kinerja tidak optimal, (3) pondok pesantren sudah memakai kurikulum kepesantrenan namun warga pondok pesantren masih ada yang tidak paham. Hasil lain menunjukan pembentukkan karakter islami di Pondok Pesantren Darul Halim masih belum optimal, terlihat dari nilai para santri sesuai indicator dari Pondok Pesantren serta Permasalahan atau kendala yang ada dari kondisi real renstra Pondok Pesantren Darul Halim saat ini adalah kendala yang peneliti temukan berdasarkan studi dokumentasi dalam rencana strategis Pondok Pesantren Darul Halim yang sudah ada adalah belum sesuainya renstra Pondok Pesantren Darul Halim dengan renstra berdasarkan Inmendiknas o.1/U/2002. Serta belum adanya tim khusus penyusun rencana strategis Pondok Pesantren Darul Halim yang mewakili setiap unit kerja. Kata Kunci: Rencana Strategis, Program, Kinerja

Item Type: Thesis (Thesis(S2))
Subjects: RESEARCH REPORT
Divisions: Pascasarjana > S2-Manajemen 2018
Depositing User: Mrs Lusiawati -
Date Deposited: 19 Nov 2020 03:37
Last Modified: 19 Nov 2020 03:37
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/50053

Actions (login required)

View Item View Item