DEVELOPMENT OF TEACHING MATERIALS BASED ON ETHNOMATEMATICS TO IMPROVE STUDENTS 'MATHEMATICAL PROBLEM SOLVING ABILITY AND LEARNING MOTIVATION

Rina Latifah, NPM. 188060011 (2020) DEVELOPMENT OF TEACHING MATERIALS BASED ON ETHNOMATEMATICS TO IMPROVE STUDENTS 'MATHEMATICAL PROBLEM SOLVING ABILITY AND LEARNING MOTIVATION. Thesis(S2) thesis, UNIVERSITAS PASUNDAN.

[img] Text
Rina Latifah_MPM copy.docx

Download (21kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan bahan ajar berbasis etnomatematika materi sistem persamaan linear dua variabel, serta melihat efektifitas pengembangan bahan ajar berbasis etnomatematika tersebut terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa dan motivasi belajar siswa. Penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan (Research and Development) menurut sugiyono, yang terdiri dari 10 langkah. Subyek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X OTKP 2 sebagai kelas eksperimen dan siswa kelas X OTKP 1 sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan adalah tes kemampuan pemecahan masalah matematis dan angket Motivasi Belajar Siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Bahan ajar berbasis etnomatematika pada materi sistem persamaan linear dua variabel layak dan dapat digunakan sebagai media pembelajaran. 2) Pengembangan bahan ajar berbasis etnomatematika pada materi sistem persamaan linear dua variabel dinyatakan efektif meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. 3) Tidak terdapat perbedaan secara signifikan motivasi belajar siswa anatara kelas eksperimen dan kelas kontrol ditinjau dari kelas. 4) Kolerasi antara kemampuan pemecahan masalah matematis dengan motivasi belajar memiliki hubungan yang rendah, atau dengan kata lain tidak terdapat korelasi antara kemampuan pemecahan masalah matematis dengan motivasi belajar siswa. Kata Kunci: Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis, Motivasi Belajar, Sistem Persamaan Linear Dua Variebal, Pengembangan Bahan Ajar berbasis Etnomatematika.

Item Type: Thesis (Thesis(S2))
Subjects: RESEARCH REPORT
Divisions: Pascasarjana > S2-Pendidikan Matematika 2018
Depositing User: asep suryana
Date Deposited: 12 Aug 2020 06:32
Last Modified: 12 Aug 2020 06:32
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/48577

Actions (login required)

View Item View Item