DIPLOMASI BUDAYA INDONESIA DALAM PENGENALAN SURAKARTA SEBAGAI KOTA PUSAKA DUNIA MELALUI THE ORGANIZATION OF THE WORLD HERITAGE CITIES (OWHC)

Nadia Chairunnissa Farid, 152030215 (2019) DIPLOMASI BUDAYA INDONESIA DALAM PENGENALAN SURAKARTA SEBAGAI KOTA PUSAKA DUNIA MELALUI THE ORGANIZATION OF THE WORLD HERITAGE CITIES (OWHC). Skripsi(S1) thesis, FISIP UNPAS.

[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.docx

Download (15kB)
[img] Text
ABSTRAK.docx

Download (16kB)
[img]
Preview
Text
Lembar Pengesahan.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
BAB I.docx

Download (27kB)
[img] Text
COVER.docx

Download (78kB)
[img] Text
BAB II.docx

Download (38kB)

Abstract

Indonesia dinilai memiliki tingkat diplomasi budaya yang masih rendah. Dilihat dari keberadaan situs-situs dan kota-kota budaya yang kurang dikenal mancanegara. Diplomasi budaya kota pusaka Surakarta melalui OWHC merupakan potensi besar yang perlu digali secara lebih maksimal dalam rangka untuk meningkatkan nation branding suatu negara. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui bagaimana diplomasi budaya Indonesia dalam meningkatkan nation branding di dunia internasional dan bagaimana pengembangan budaya Surakarta sebagai kota pusaka dan juga bagaimana program diplomasi budaya Indonesia dalam meningkatkan budaya kota pusaka Surakarta sebagai nation branding Indonesia. Metode penelitian yang penulis lakukan dalam meninjau dan menganalisis masalah yang berfungsi sebagai alat untuk menyusun laporan praktis yang berguna untuk memperoleh dan mengumpulkan data yang mendukung masalah yang diperiksa. Ada tiga teknik yang digunakan oleh penulis, yaitu: Studi Pustaka dan Wawancara. Selain itu penelitian ini menggunakan metode penelitian Deskriptif. Hasil dari penelitian ini adalah upaya yang dilakukan pemerintah Surakarta tidak hanya melalui event-event dan bentuk interaksi terhadap kepeduliannya atas aset budaya tersebut, seperti masuk kedalam Organization World Heritages Cities (OWHC), dan mengenalkan budaya Surakarta melalui program Solo Performing Art, Solo Batik Carnaval, dan International Mask Festival dapat meningkatkan nation branding Indonesia melalui Surakarta sebagai Kota Pusaka Dunia. Kata Kunci : Diplomasi Budaya, Kota Pusaka, Surakarta, Nation Branding

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Hubungan Internasional 2015
Depositing User: mr yogi -
Date Deposited: 21 Oct 2019 05:30
Last Modified: 21 Oct 2019 05:30
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/46199

Actions (login required)

View Item View Item