PEMBELAJARAN MENGIDENTIFIKASI INFORMASI PADA TEKS ULASAN TENTANG KUALITAS KARYA CERPEN BERORIENTASI STRUKTUR DENGAN MENGGUNAKAN METODE RECIPROCAL LEARNING PADA PESERTA DIDIK KELAS VIII SMPN 48 BANDUNG TAHUN PELAJARAN 2018/2019

SALMA AULIA SUHERMIATI, 155030108 (2019) PEMBELAJARAN MENGIDENTIFIKASI INFORMASI PADA TEKS ULASAN TENTANG KUALITAS KARYA CERPEN BERORIENTASI STRUKTUR DENGAN MENGGUNAKAN METODE RECIPROCAL LEARNING PADA PESERTA DIDIK KELAS VIII SMPN 48 BANDUNG TAHUN PELAJARAN 2018/2019. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
1. cover.pdf

Download (74kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Lembar Pengesahan.pdf

Download (603kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. abstrak.pdf

Download (65kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. abstrack.pdf

Download (65kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. ringkesan.pdf

Download (64kB) | Preview
[img]
Preview
Text
15. bab 1.pdf

Download (175kB) | Preview
[img]
Preview
Text
16. bab 2.pdf

Download (223kB) | Preview
[img] Text
17. bab 3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (312kB)
[img] Text
18. bab 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
19. bab 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (71kB)
[img]
Preview
Text
20. daftar pustaka.pdf

Download (131kB) | Preview
Official URL: http://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Pembelajaran mengidentifikasi informasi pada teks ulasan tentang kualitas karya cerita pendek dalam penelitian ini menggunakan keterampilan membaca. Mengidentifikasi struktur adalah pembelajaran mengenai menelaah suatu susunan dalam teks ulasan. Metode reciprocal learning adalah metode yang bertujuan untuk meningkatkan pemahaman membaca, memberikan keterampilan pada siswa dalam memahami apa yang dibaca didasarkan pada pengajuan pertanyaan dan mendorong siswa mengembangkan skill-skill yang dimiliki oleh pembaca dan pembelajar efektif. Dengan demikian, penulis tertarik untuk melakukan penelitian ini dan merasa metode yang ini cocok untuk mengatasi masalah dalam pembelajaran mengidentifikasi informasi pada teks ulasan tentang kualitas karya cerita pendek. Penulis mengajukan permasalahan sebagai berikut; adakah perbedaan hasil belajar dalam mengidentifikasi informasi pada teks ulasan tentang kualitas karya cerita pendek antara kelas eksperimen menggunakan metode reciprocal learning dengan kelas kontrol menggunakan model diskusi?; Efektifkah metode reciprocal learning digunakan dalam pembelajaran mengidentifikasi informasi pada teks ulasa tentang kualitas karya cerita pendek pada peserta didik kelas VIII SMP Negeri 48 Bandung? Adapun hasil penelitiannya yaitu, perbedaan hasil belajar antara dua kelas memperoleh hasil pretes kelas eksperimen rata-rata sebesar 30,8 dan nilai rata-rata postes sebesar 85,96, sedangkan kelas kontrol memperoleh rata-rata pretes sebesar 30,16 dan rata-rata postes sebesar 75,96. Metode yang digunakan pada kelas eksperimen lebih efektif dibandingkan pada kelas kontrol dalam pembelajaran mengidentifikasi informasi pada teks ulasan tentang kualitas karya cerita pendek. Hal ini dibuktikan berdasarkan hasil indeks gain dengan uji independent sample t test, diperoleh hasil signifikansi 0,000<0,05 yang artinya Ho ditolak dan Ha diterima. Maka dapat disimpulkan bahwa metode reciprocal learning efektif digunakan dalam pembelajaran mengidentifikasi struktur pada teks ulasan tentang kualitas karya cerita pendek. Kata Kunci: Mengidentifikasi, membaca, struktur, teks ulasan, metode reciprocal learning.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bahasa Indonesia 2018
Depositing User: Mr Bayu Anggi Pranata
Date Deposited: 15 Oct 2019 07:49
Last Modified: 15 Oct 2019 07:49
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/45958

Actions (login required)

View Item View Item