PEMBELAJARAN MENGANALISIS STRUKTUR DAN KEBAHASAAN TEKS PROSEDUR KOMPLEKS MENGGUNAKAN METODE CIRCUIT LEARNING PADA PESERTA DIDIK KELAS XI SMA PURAGABAYA BANDUNG TAHUN PELAJARAN 2019/2020

SILMI ELBAYIN, 155030098 (2019) PEMBELAJARAN MENGANALISIS STRUKTUR DAN KEBAHASAAN TEKS PROSEDUR KOMPLEKS MENGGUNAKAN METODE CIRCUIT LEARNING PADA PESERTA DIDIK KELAS XI SMA PURAGABAYA BANDUNG TAHUN PELAJARAN 2019/2020. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (190kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (78kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (335kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRACT.pdf

Download (332kB) | Preview
[img]
Preview
Text
RINGKESAN.pdf

Download (330kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (749kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (441kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (302kB) | Preview
Official URL: http://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Pembelajaran menganalisis struktur dan kebahasaan teksprosedur kompleks dalampenelitian ini menggunakan keterampilan membaca. Metode circuit learning adalah metode yang bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berpikir, menciptakan suasana kreatif, dan meningkatkan pemahaman peserta didik terhadap materipembelajaran. Dengan demikian, peneliti tertarik untuk melakukan penelitian pembelajaran menganalisis struktur dan kebahasaan teks prosedur kompleks menggunakan metode circuit learning. Adapun hasil penelitiannya yaitu, 1) peneliti mampu merencanakan dan melaksanakan pembelajaran dengan memperoleh nilairata-rata sebesar 3,55. 2) peserta didik mampu menganalisis struktur dan kebahasaan teksprosedur kompleks. Hal ini dibuktikan dengan perolehan nilai minimumpostes sebesar 58 dan nilai maksimumpostes100. 3) kenaikan hasilbelajar antara kedua kelas memperoleh hasilpreteskelaseksperimen rata-rata sebesar 29,24 dan nilairata-rata postes sebesar 84,88, sedangkan kelaskontrol memperoleh rata-rata pretes sebesar 28,65 dan rata-rata postes sebesar 53,47. 4) Perbedaan kemampuan dibuktikan dengan ujimann whitney, diperoleh hasil signifikansi0,000<0,05 yang artinya terdapat perbedaan kemampuan antara kelaseksperimen dan kelaskontrol. 5) terdapat perbedaan keefektifan metode kelaseksperimen dan kelaskontroldibuktikan oleh hasil indeksgain. Hasil indeksgain kelaseksperimen sebesar 0,7865 atau 78% termasuk kategori tinggi. Selanjutnya pada kelaskontrol memperoleh hasil0,3550 atau 35% termasuk kategori sedang. Maka dapatdisimpulkan bahwa metode circuit learning lebih efektif digunakan dalampembelajaran menganalisis struktur dan kebahasaan teksprosedur kompleks. Kata Kunci: menganalisis, membaca, struktur, kebahasaan, teksprosedur kompleks, metode circuit learning.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bahasa Indonesia 2018
Depositing User: Mr Bayu Anggi Pranata
Date Deposited: 11 Oct 2019 03:05
Last Modified: 11 Oct 2019 03:05
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/45642

Actions (login required)

View Item View Item