PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA SUBTEMA MANUSIA DAN LINGKUNGAN

Desyane Nurrachmannisa, 155060110 (2019) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA SUBTEMA MANUSIA DAN LINGKUNGAN. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
coverr.pdf

Download (32kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Lembar Pengesahan.pdf

Download (305kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak bahasa indonesia.pdf

Download (72kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak Inggris.pdf

Download (7kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak Sunda.pdf

Download (60kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I revisi pa jaka 2.pdf

Download (236kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II revisi pa jaka.pdf

Download (253kB) | Preview
[img] Text
BAB III revisi pa jaka.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (529kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (87kB)
[img]
Preview
Text
dapus 1.pdf

Download (13kB) | Preview
Official URL: http://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Penelitian ini berjudul ”Penerapan Model Problem Based Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas V SDN Bojongasih Pada Subtema Manusia dan Lngkungan” yang dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa kelas V SDN Bojongasih. Penelitian ini didasari temuan dalam kegiatan observasi pembelajaran yaitu pembelajaran masih kurang melibatkan siswa, sehingga siswa hasil belajarnya kurang. Model yang digunakan yakni Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan tiga siklus. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, tes, dan dokumentasi. Selain meningkatkan hasil belajar siswa model Problem Based Learning juga dapat meningkatkan sikap peduli, tanggung jawab, keterampilan komunikasi pada setiap siklusnya. Untuk peningkatan hasil belajar dari setiap siklusnya, siklus I sebesar 55%, siklus II sebesar 64%, siklus III 91%. Nilai rata-rata yang didapat mengalami peningkatan mulai dari siklus I sebesar 57,96, siklus II sebesar 67,50, Siklus III sebesar 72,50. Berdasarkan data yang diperoleh maka dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan model problem based learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas V pada subtema Manusia dan Lingkungan. Kata kunci : Problem Based Learning, Hasil Belajar

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2018
Depositing User: Mr Bayu Anggi Pranata
Date Deposited: 07 Oct 2019 03:30
Last Modified: 07 Oct 2019 03:30
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/45389

Actions (login required)

View Item View Item