MuhamadRizkiMaulana, 115060036 (2016) PENERAPANMODEL DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PKN (PenelitianTindakanKelasDalamMateriMenjagaKeutuhan Negara KesatuanRepublik Indonesia (NKRI) PadaSiswaKelas V Semester 1 SDN Cipagalo 01 KecamatanBojongsoangKabupaten Bandung). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
Text
Cover Skripsi.docx Download (70kB) |
|
Text
lembar pengesahan skripsi.docx Download (14kB) |
|
Text
ABSTRAK.docx Download (19kB) |
|
Text
ABSTRAK Inggris.docx Download (16kB) |
|
Text
DAFTAR ISI.docx Download (32kB) |
|
Text
DAFTAR GAMBAR.docx Download (12kB) |
|
Text
DAFTAR GRAFIK.docx Download (14kB) |
|
Text
DAFTAR LAMPRIRAN.docx Download (18kB) |
|
Text
KATA PENGANTAR.docx Download (15kB) |
|
Text
BAB I.docx Download (54kB) |
|
Text
BAB II.docx Download (84kB) |
|
Text
BAB III.docx Download (99kB) |
|
Text
BAB IV.docx Restricted to Repository staff only Download (198kB) |
|
Text
BAB V.docx Restricted to Repository staff only Download (19kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.docx Download (20kB) |
Abstract
Judul penelitian ini adalah penerapan model discovery learning untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar pada mata pelajaran PKN. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu bagaimana perencanaan pelaksanaan pembelajaran (RPP) disusun dengan menggunakan model Discovery Learning dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar pada Kelas V SDN Cipagalo 01 dalam materi Menjaga Keutuhan Negara Republik indonesia (NKRI) dan Bagaimana penerapan model Discovery Learning dalam upaya meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa Kelas V SDN Cipagalo 01 pada Mata Pelajaran PKN dalam materi Menjaga Keutuhan Negara Republik indonesia (NKRI). Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan dampak penggunaan model discovery learning terhadap motivasi dan hasil belajar siswa kelas V SDN Cipagalo 01.Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) atau Classroom Action Research. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan sebanyak dua siklus. Hasil yang diperoleh untuk setiap siklusnya mengalami peningkatan baik motivasi maupun nilai yang diperoleh. Pada siklus I aktivitas dan motivasi siswa sebesar 55,5%, sedangkan hasil belajar siswa sebesar 52,7%. Pada siklus II aktivitas dan motivasi siswa sebesar 88,8%, sedangkan hasil belajar siswa sebesar 85% dengan perolehan rata-rata siswa sebesar 80 Dari hasil penelitian diperoleh kesimpulam bahwa penerapan pembelajaran menggunakan model Discovery Learning terhadap hasil belajar kelas V SDN Cipagalo 01 merupakan dampak positif, artinya keberadaan pembelajaran menggunakan model Discovery Learning memberikan pengaruh yang sangat besar terhadap hasil belajar siswa Dalam melaksanakan pembelajaran dengan menggunakan model Discovery Learning hendaknya guru memahami dan melaksanakan perencanaan secara lebih rinci dan semaksimal mungkin agar kegiatan pembelajaran mencapai tujuan yang diharapkan The title of this research is the application of the model of discovery learning to improve motivation and learning outcomes in subjects PKN. Formulation of the problem in this research is how to plan the implementation of learning (RPP) prepared using a model of Discovery Learning can improve motivation and learning outcomes in Class V SDN Cipagalo 01 in the material Menjaga Keutuhan Negara Republik indonesia (NKRI) and Discovery Learning how the application of the model in order to increase motivation and student learning outcomes Class V SDN Cipagalo 01 at PKN in the material Subjects Menjaga Keutuhan Negara Republik indonesia (NKRI). The purpose of this study was to describe the impact of using discovery learning models on motivation and learning outcomes of students of class V SDN Cipagalo 01.The method used is a Class Action Research (PTK) or Classroom Action Research. This classroom action research conducted by two cycles. The results obtained for each cycle to increase both motivation and the values obtained. In the first cycle of activity and motivation of students of 55.5%, while the students' learning outcomes by 52.7%. In the second cycle of activity and motivation of students by 88.8%, while the students' learning outcomes by 85% with an average gain of 80 students.From the research we concluded that the application of learning using the model of Discovery Learning the learning outcomes Cipagalo class V SDN 01 is a positive effect, meaning that the existence of learning to use the model of Discovery Learning gives an enormous influence on student learning outcomes.In carrying out the study using a model of Discovery Learning teachers should understand and implement the plan in more detail and learning activities as much as possible in order to achieve the expected goals.
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2011 |
Depositing User: | mr Bayu Anggi Pranata |
Date Deposited: | 22 Jun 2016 04:49 |
Last Modified: | 22 Jun 2016 04:49 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/4444 |
Actions (login required)
View Item |