PEMBELAJARAN MENELAAH TEKS DRAMA BERORIENTASI PADA UNSUR PERWATAKAN DENGAN MENGGUNAKAN METODE PROBLEM BASED INSTRUCTION PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 40 BANDUNG TAHUN AJARAN 2018/2019

SITI FATHONAH, 155030022 (2019) PEMBELAJARAN MENELAAH TEKS DRAMA BERORIENTASI PADA UNSUR PERWATAKAN DENGAN MENGGUNAKAN METODE PROBLEM BASED INSTRUCTION PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 40 BANDUNG TAHUN AJARAN 2018/2019. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
(1) COVER.pdf

Download (103kB) | Preview
[img]
Preview
Text
(2) Lembar Pengesahan.pdf

Download (53kB) | Preview
[img]
Preview
Text
(6) ABSTRAK INDONESIA.pdf

Download (182kB) | Preview
[img]
Preview
Text
(7) ABSTRAK ENGLISH.pdf

Download (7kB) | Preview
[img]
Preview
Text
(8) ABSTRAK SUNDA.pdf

Download (278kB) | Preview
[img]
Preview
Text
(13) BAB I.pdf

Download (315kB) | Preview
[img]
Preview
Text
(14) BAB II.pdf

Download (513kB) | Preview
[img]
Preview
Text
(15) BAB III.pdf

Download (720kB) | Preview
[img] Text
(16) BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
(17) BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (291kB)
[img]
Preview
Text
(18) DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (185kB) | Preview
Official URL: http://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Menelaah teks drama berorientasi pada unsur perwatakan merupakan pembelajaran yang melatih peserta didik dalam kegiatan membaca dan memecahkan masalah. Peneliti bermaksud untuk mengetahui kemampuan peserta didik dalam proses menelaah teks drama berorientasi pada unsur perwatakan. Permasalahan pada saat ini yaitu peserta didik yang masih merasa kesulitan dalam menelaah teks drama berorientasi pada unsur perwatakan. Desain penelitian yang peneliti gunakan adalah kuasi eksperimen. Adapun hasil penelitiannya, yaitu: (1) Peneliti mampu dalam melaksanakan kegiatan dalam merencanakan, dan melaksanakan pembelajaran menelaah teks drama berorientasi pada unsur perwatakan dengan menggunakan metode problem based instruction. Terbukti hasil dari perencanaan pembelajaran yaitu 3,68 dan memperoleh nilai pelaksanaan pembelajaran yaitu 3,70. (2) Kemampuan hasil belajar peserta didik meningkat dalam mengerjakan pembelajaran menelaah teks drama berorientasi pada unsur perwatakan. Hal ini terbukti dari hasil statistik deskriptif dari uji Independent Sample T-Test untuk postes kelas eksperimen dan postes kelas kontrol yaitu memiliki nilai rata-rata (Mean) pada postes eksperimen sebesar 80,8621 dan postes kontrol sebesar 71,3793. Maka dapat disimpulkan nilai hasil belajar peserta didik dari kelas eskperimen lebih besar daripada nilai hasil belajar kelas kontrol (3) Metode problem based instruction efektif digunakan dalam pembelajaran menelaah teks drama berorientasi pada unsur perwatakan. Hal ini terbukti karena dilihat dari hasil perhitungan uji N-Gain Score, menunjukkan bahwa nilai rata-rata N-gain score untuk kelas eksperimen (metode problem based instruction) sebesar 49,03 kategori cukup efektif. Sementara nilai rata-rata N-gain score kelas kontrol (metode ceramah) sebesar 34,13 kategori tidak efektif. Kata Kunci : Menelaah, unsur perwatakan, metode problem based instruction

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bahasa Indonesia 2018
Depositing User: Mr Bayu Anggi Pranata
Date Deposited: 11 Sep 2019 08:47
Last Modified: 11 Sep 2019 08:47
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/43293

Actions (login required)

View Item View Item