PENGGUNAAN MODEL DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA SUBTEMA KEBERAGAMAN BUDAYA BANGSAKU (Penelitian Tindakan Kelas Pada Tema Indahnya Kebersamaan Subtema Keberagaman Budaya Bangsaku di Kelas IV SD Negeri Kibodas Kota Sukabumi Tahun Ajaran 2018-2019)

Indri Fathyara, 145060113 (2018) PENGGUNAAN MODEL DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA SUBTEMA KEBERAGAMAN BUDAYA BANGSAKU (Penelitian Tindakan Kelas Pada Tema Indahnya Kebersamaan Subtema Keberagaman Budaya Bangsaku di Kelas IV SD Negeri Kibodas Kota Sukabumi Tahun Ajaran 2018-2019). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (38kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK INDONESIA.pdf

Download (149kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK BHS INGGRIS.pdf

Download (240kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK BHS SUNDA.pdf

Download (149kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (188kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (498kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (351kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (554kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (155kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (156kB) | Preview
Official URL: http://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik melalui model discovery learning pada subtema keberagaman budaya bangsaku. Hal ini dilatarbelakangi dengan keadaan peserta didik yang tidak optimal dalam mengikuti kegiatan pembelajaran dikarenakan guru sering menggunakan metode ceramah. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas yang terdiri dari 3 siklus dengan menggunakan model Kemmis dan McTagart. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas IV SD Negeri Kibodas Kota Sukabumi tahun ajaran 2018/2019 yang berjumlah 26 peserta didik. Teknik pengumpulan data yang digunakan meliputi tes, observasi, angket dan studi dokumentasi. Rata-rata nilai persentase capaian kognitif pada siklus I sebesar 50,00%, pada siklus II 73,08%, dan pada siklus III 88,46%. Rata-rata nilai persentase capaian afektif sikap peduli pada siklus I sebesar 61,54%, pada siklus II sebesar 76,92%, dan pada siklus III sebesar 84,62%. Rata-rata nilai persentase capaian afektif sikap santun pada siklus I sebesar 53,85%, pada siklus II sebesar 76,92%, dan pada siklus III sebesar 88,46%. Rata-rata nilai persentase capaian psikomotor pada siklus I sebesar 50,00%, siklus II sebesar 65,38% dan siklus III sebesar 88,46%. Hasil penelitian menujukkan bahwa penerapan model pembelajaran discovery learning dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik pada subtema keberagaman budaya bangsaku. Kata kunci: discovery learning, hasil belajar

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2018
Depositing User: Mr Bayu Anggi Pranata
Date Deposited: 11 Oct 2018 06:28
Last Modified: 11 Oct 2018 06:28
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/38594

Actions (login required)

View Item View Item