ANGGUN NURJANAH, 145020115 (2018) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE INSIDE OUTSIDE CIRCLE (IOC) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI KELAS X DI SMAS SUMATRA 40 BANDUNG (Studi Kuasi Eksperimen Pada Mata Pelajaran Ekonomi Mengenai Lembaga Keuangan Perbankkan di Kelas X-E Tahun Ajaran 2017/2018). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
|
Text
COVER.pdf Download (95kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK INDONESIA.pdf Download (189kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK INGGRIS.pdf Download (183kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK SUNDA.pdf Download (184kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (313kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (438kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (518kB) | Preview |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (665kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (212kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA .pdf Download (97kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini berjudul “Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Inside Outside Circle Terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas X di SMAS Sumatra 40 Bandung” ( Studi Kuasi Ekperimen pada Mata Pelajaran Ekonomi Mengenai Lembaga Keuangan Perbankkan Di Kelas X-E Tahun Ajaran 2017/2018). Tujuan dari penelitian ini adalah (1)Mengetahui hasil belajar siswa sebelum menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Inside Outside Circle. (2)Megetahui hasil belajar siswa sesudah menggunakan model pembelajaran Kooperatif tipe Inside Outside Circle. (3)Mengetaui seberapa besar pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Inside Outside Circle Terhadap Hasil Belajar Siswa pada mata pelajaran ekonomi. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah pre-tes dan Post-test, serta dokumentasi untuk menjawab permasalahan tersebut menggunakan studi kuasi eksperimen. Berdasarkan hasil dari penelitian terdapat pengaruh hasil belajar siswa di kelas eksperimen dibandingkan dengan kelas kontrol dimana hasil post-tes kelas ekseperimen yaitu 26,64 sedangkan di kelas kontrol hasil belajar post-tes yaitu 17,48. Meningkatnya hasil belajar siswa dengan pengujian hipotesis (Uji-T) post-test dapat dilihat bahwa nilai propabilitas signifikansi atau 2-tailed sebesar 0,00 atau lebih kecil dari 0,05 atau 5% yang artinya hipotesis yang mengandung judul model pembelajaran kooperatif tipe inside outside circle (X) pada mata pembelajaran ekonomi berpengaruh positif terhadap hasil belajar (Y) sebesar 52,4% pada siswa kelas Xxtahun ajaran 2017/2018 di SMAS Sumatra 40 Bandung. Akhir dari penulis sebagai penutup menyampaikan saran kepada-pihak terkait, yakni: (1) kepada sekolah, sebaiknya mendukung guru dalam menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe inside outside circle dari segi sarana maupin prasarana agar hasil belajar siswa lebih tinggi. (2) kepada guru mata pelajaran ekonomi, untuk meningkatkan hasil belajar siswa dan penugasan sebgaiknya menggunakan model kooperatif tipe inside outside circle; (3) kepada siswa, diharapkan siswa termotivasi dalam pembelejaran di kelas. (4) bagi peneliti berikutnya, supaya mengadakan penelitian lebih lanjut terhadap penerapan model pembelajaran kooperatif tipe inside outside circle dalam meningkatkan hasil belajar siswa. Kata Kunci : Model Kooperatif Tipe Inside Otside Circle, Hasil Belajar
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Akuntansi 2018 |
Depositing User: | Mr Bayu Anggi Pranata |
Date Deposited: | 04 Oct 2018 07:30 |
Last Modified: | 04 Oct 2018 07:30 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/37400 |
Actions (login required)
View Item |