ANALISIS PENGARUH PEMBERDAYAAN SUMBER DAYA MANUSIA TERHADAP KINERJA PEGAWAI DI BAGIAN HUMAS PADA BIRO HUMAS, PROTOKOL DAN UMUM SEKRETARIAT DAERAH PROVINSI JAWA BARAT

Irma Yuliawantini, (2013) ANALISIS PENGARUH PEMBERDAYAAN SUMBER DAYA MANUSIA TERHADAP KINERJA PEGAWAI DI BAGIAN HUMAS PADA BIRO HUMAS, PROTOKOL DAN UMUM SEKRETARIAT DAERAH PROVINSI JAWA BARAT. Thesis(S2) thesis, UNPAS.

[img] Text
ABSTRAK IRMA.rtf

Download (57kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.docx

Download (14kB)
[img] Text
BAB I IRMA.rtf

Download (100kB)
[img] Text
BAB II irma.rtf

Download (234kB)

Abstract

Permasalahan pokok pada penelitian ini adalah kinerja pegawai di Bagian Humas pada Biro Humas , Protokol dan Umum Sekretariat Daerah Provinsi Jawa Barat rendah. Masalah tersebut diduga belum dijalankannya pemberdayan sumber daya manusia secara optimal. Pendekatan yang dilakukan dalam penelitian ini sejauh mana Implementasi pemberdayaan sumber daya manusia terhadap kinerja pegawai di Bagian Humas pada Biro Humas , Protokol dan Umum Sekretariat Daerah Provinsi Jawa Barat. Metode penelitian yang digunakan adalah metode survey deskriptif yang menggambarkan fenomena sosial dengan meneliti pengaruh pemberdayaan sumber daya manusia (X) terhadap kinerja pegawai di Bagian Humas pada Biro Humas , Protokol dan Umum Sekretariat Daerah Provinsi Jawa Barat (variabel Y). Penelitian ini menggunakan teknik analisis kuantitatif melalui analisis jalur (path analysis) yang dimaksudkan untuk mengetahui besarnya pengaruh variabel pemberdayaan sumber daya manusia terhadap kinerja pegawai, baik secara simultan maupun secara parsial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemberdayaan sumber daya manusia berpengaruh terhadap kinerja pegawai di Bagian Humas pada Biro Humas , Protokol dan Umum Sekretariat Daerah Provinsi Jawa Barat. Pengaruh secara simultan (keseluruhan) dari variabel pemberdayaan sumber daya manusia terhadap kinerja pegawai sebesar 64,12 %. Besar nilai tersebut bersifat kuat. Secara parsial, dimensi pemberdayaan sumber daya manusia teruji dalam mempengaruhi kinerja pegawai di Bagian Humas pada Biro Humas , Protokol dan Umum Sekretariat Daerah Provinsi Jawa Barat yaitu meliputi: membangun relasi berpengaruh terhadap kinerja pegawai sebesar 32,86 %. Membangun komunikasi sebesar 4,17%. Dimensi terlibat dalam pemecahan masalah sebesar 2,05%, dimensi merefleksikan sikap sebesar 25,04% sedangkan pengaruh lain yang tidak diteliti atau epsilon mempengaruhi kinerja pegawai sebesar 35,88 %. Kesimpulan yang dapat diambil bahwa pemberdayaan sumber daya manusia merupakan faktor yang sangat penting dalam mempengaruhi kinerja pegawai di Bagian Humas pada Biro Humas , Protokol dan Umum Sekretariat Daerah Provinsi Jawa Barat. Optimalisasi kinerja pegawai penting untuk dilakukan, yaitu melalui pemberdayaan sumber daya manusia. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa pemberdayaan sumber daya manusia baik secara parsial maupun secara simultan berpengaruh terhadap kinerja pegawai di Bagian Humas pada Biro Humas , Protokol dan Umum Sekretariat Daerah Provinsi Jawa Barat.

Item Type: Thesis (Thesis(S2))
Subjects: S2-Thesis
Divisions: Pascasarjana > S2-Administrasi dan Kebijakan Publik 2013
Depositing User: asep suryana
Date Deposited: 17 Mar 2016 06:25
Last Modified: 17 Mar 2016 06:25
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/369

Actions (login required)

View Item View Item