PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA SUBTEMA KEBERSAMAAN DALAM KEBERAGAMAN

FUJI SUKMA RIZKI, 145060174 (2018) PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA SUBTEMA KEBERSAMAAN DALAM KEBERAGAMAN. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
cover (Fuji Sukma Rizki 145060174).pdf

Download (27kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak B.Indonesia (Fuji Sukma Rizki 145060174).pdf

Download (89kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak B.Inggris (Fuji Sukma Rizki 145060174).pdf

Download (89kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak B.Sunda (Fuji Sukma Rizki 145060174).pdf

Download (90kB) | Preview
[img]
Preview
Text
lembar pengesahan (Fuji Sukma Rizki 145060174).pdf

Download (336kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I (Fuji Sukma Rizki 145060174).pdf

Download (243kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II (Fuji Sukma Rizki 145060174).pdf

Download (708kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III (Fuji Sukma Rizki 145060174).pdf

Download (701kB) | Preview
[img] Text
BAB IV (Fuji Sukma Rizki 145060174).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V (Fuji Sukma Rizki 145060174).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (105kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA (Fuji Sukma Rizki 145060174).pdf

Download (304kB) | Preview
Official URL: http://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa dengan menggunakan model Problem Based Learning (PBL) pada tema Indahnya Kebersamaan subtema Kebersamaan dalam Keberagaman. Peneliti ini dilaksanakan di kelas IV SDN Taruna Jaya Kecamatan Ciasem Kabupaten Subang. Desain penelitian ini menggunakan model PTK yang terdiri dari III siklus, setiap siklusnya melalui tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Hasil penelitian untuk Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) pada siklus I memperoleh hasil sebesar 82,5% meningkat pada siklus II sebesar 91,25% dan meningkat pada siklus III sebesar 98,25%. Pada pelaksanaan pembelajaran siklus I memperoleh hasil sebesar 83,25% meningkat pada siklus II sebesar 89,25% dan meningkat pada siklus III sebesar 95,75%. Pada hasil belajar siswa yang di peroleh dari 3 aspek yaitu, aspek afektif, kognitif, dan psikomotor. Menunjukan bahwa pada siklus I siswa meraih ketuntasan sikap peduli (afektif) 27,2% sedangkan sikap santun meraih 31,8%, pengetahuan (kognitif) sebesar 45% dan keterampilan (psikomotor) 36,3%. Pada tindakan siklus II yang merupakan perbaikan dari hasil post test pada siklus I mengalami peningkatan presentase ketuntasan sikap peduli (afektif) sebesar 50% sedangkan sikap santun meraih 45,4% pengetahuan (kognitif) sebesar 72,7% dan keterampilan (psikomotor) sebesar 72,7%. Pada tindakan siklus III yang merupakan perbaikan dari hasil post test siklus II mengalami peningkatan presentase ketuntasan sikap peduli (afektif) sebesar 86,3% sedangkan sikap santun meraih 90,9% pengetahuan (kognitif) sebesar 95% dan keterampilan (psikomotor) sebesar 95,4%. Kesimpulan yang diperoleh dari hasil penelitian ini adalah bahwa penggunaan model Problem Based Learning (PBL) ini dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SDN Taruna Jaya. Kata Kunci: Problem Based Learning (PBL), hasil belajar.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2018
Depositing User: Mr Andi Wijaya
Date Deposited: 17 Sep 2018 23:21
Last Modified: 17 Sep 2018 23:21
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/36453

Actions (login required)

View Item View Item