PERBANDINGAN PEMBELAJARAN DENGAN STRATEGI GROUP INVESTIGATION (GI) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MATEMATIKA DAN KEMAMPUAN BERFIKIR KRITIS PADA PEMBELAJARAN TRIGONOMETRI DI KELAS X SMAN 1 DUKUPUNTANG

EPIH PURNAMASARI, NPM. 168060043 (2018) PERBANDINGAN PEMBELAJARAN DENGAN STRATEGI GROUP INVESTIGATION (GI) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MATEMATIKA DAN KEMAMPUAN BERFIKIR KRITIS PADA PEMBELAJARAN TRIGONOMETRI DI KELAS X SMAN 1 DUKUPUNTANG. Thesis(S2) thesis, UNIVERSITAS PASUNDAN.

[img] Text
Artikel Tesis_Epih P_MPM.docx

Download (0B)

Abstract

Latar Belakang. Matematika sebagai salah satu mata pelajaran yang memegang peranan yang sangat penting dalam pendidikan. karena selain dapat mengembangkan pemikiran kritis, kreatif, sistematis, dan logis, matematika juga telah memberikan kontribusi dalam kehidupan sehari-hari, mulai dari hal yang sederhana seperti perhitungan dasar (basic calculation) sampai hal yang kompleks dan abstrak, seperti penerapan analisis numerik dalam bidang teknik dan sebagainya. Untuk dapat menjawab tuntutan tersebut, diperlukan tuntutan keterampilan yang dapat dikembangkan melalui suatu pembelajaran yang dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa. Tujuan. Untuk menganalisis peningkatan kemampuan matematika dan berfikir kritis dengan menggunakan model pembelajaran Group Investigation (GI). Metode. Penelitian ini adalah Eksploratory Sequential dengan SMAN 1 Dukupuntang Cirebon sebagai populasi penelitian dengan kelas X IPA 3 sebagai kelas Kontrol sejumlah 30 Peserta didik dan 30 Peserta didik di Kelas X IPA 4 sebagai kelas Eksperimen. Instrumen yang digunakan adalah tes kemampuan matematika dan kemampuan berfikir kritis siswa serta angket skala keberhasilan model pembelajaran Group Investigation (GI) Hasil Penelitian. Analisis statistik yang digunakan adalah Independent Sample t-test, Uji Kolmogorov Smirnov, Uji Mann Whitney dan uji ANOVA dua jalur. Adapun hasil penelitian yang diperoleh adalah: (1), Kemampuan matematika siswa yang diberi treatment dengan model GI mengalami peningkatan lebih baik dibanding dengan siswa kelas kontrol; (2), Kemampuan berpikir kritis siswa yang diberi treatment dengan model Group Investigation (GI) mengalami peningkatan lebih baik dibanding dengan siswa kelas kontrol; (3), Kemampuan matematika berkorelasi dengan kemampuan berpikir kritis, semakin tinggi kemampuan berpikir kritis peserta didik maka akan meningkat pula kemampuan matematikanya. Simpulan. Terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara peningkatan kemampuan matematika dan kemampuan berpikir kritis siswa pada siswa yang menggunakan model pembelajaran Group Investigasi. Saran. Model Group Investigasi (GI) dapat dijadikan sebagai alternatif pembelajaran yang efektif dan efisien dalam meningkatkan kemampuan dan berpikir kritis matematika siswa. Kata Kunci: Kemampuan berpikir kritis, kemampuan matematika, dan perbandingan pembelajaran dengan strategi Group Investigation (GI). Kepustakaan: 60 (1992 - 2015).

Item Type: Thesis (Thesis(S2))
Subjects: RESEARCH REPORT
Divisions: Pascasarjana > S2-Pendidikan Matematika 2018
Depositing User: asep suryana
Date Deposited: 08 Feb 2018 07:24
Last Modified: 08 Feb 2018 07:24
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/32977

Actions (login required)

View Item View Item