PENGGUNAAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA KELAS V SUBTEMA WUJUD BENDA DAN CIRINYA (Penelitian Tindakan Kelas di SDN Mulyasari II Karawang)

YOSI MUTIARANI, 135060077 (2017) PENGGUNAAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA KELAS V SUBTEMA WUJUD BENDA DAN CIRINYA (Penelitian Tindakan Kelas di SDN Mulyasari II Karawang). Skripsi(S1) thesis, FKIP Unpas.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (111kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK INDONESIA.pdf

Download (106kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK INGGRS.pdf

Download (181kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK SUNDA.pdf

Download (104kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (289kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (440kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (789kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (119kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (118kB) | Preview
Official URL: http://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada subtema wujud benda dan cirinya dengan menggunakan model Problem Based Learning, Permasalahan yang terjadi dalam proses belajar mengajar di kelas terhadap siswa sangat beraneka ragam, mulai dari pemberian metode yang kurang tepat sampai dengan kurangnya minat dan motivasi siswa dalam mengikuti kegiatan pembelajaran sehingga berdampak pada rendahnya nilai sikap rasa ingin tahu, sikap percaya diri,sikap peduli,keterampilan mengamati dan hasil belajar. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menggunakan sistem siklus yang terdiri dari 3 siklus dalam tiap siklus nya terdiri dari 4 tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar observasi, tes, angket, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa penggunaan model Problem Based Learning (PBL) dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Adapun peningkatan hasil belajar secara keseluruhan sebagai berikut. Pertama, adanya peningkatan sikap rasa ingin tahu pada siklus I mencapai 46%. Siklus II mencapai 62,5% dan siklus III mencapai 91%. Kedua adanya peningkatan sikap percaya diri pada siklus I mencapai 50%. Siklus II mencapai 67% dan siklus III mencapai 91%. Ketiga adanya peningkatan sikap peduli pada siklus I mencapai 37%. Siklus II mencapai 75% dan siklus III mencapai 87,5%. Keempat adanya peningkatan aspek pemahaman/kognitif pada siklus I mencapai 46%. Siklus II mencapai 75% dan siklus III mencapai 92%. Kelima adanya peningkatan aspek keterampilan mengamati pada siklus I mencapai 50%. Siklus II mencapai 71% dan siklus III mencapai 92%. Dari penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa subtema wujud benda dan cirinya pada kelas V SDN Mulyasari II Karawang dengan menggunakan model Problem Based Learning dapat meningkatkan sikap rasa ingin tahu, sikap percaya diri, sikap peduli, keterampilan mengamati dan hasil belajar siswa. Kata Kunci: Problem Based Learning, hasil belajar.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2017
Depositing User: mr Bayu Anggi Pranata
Date Deposited: 17 Oct 2017 02:46
Last Modified: 17 Oct 2017 02:46
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/30836

Actions (login required)

View Item View Item