MIA MUHARTANTI, 135060257 (2017) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DALAM SUBTEMA MAKANANKU SEHAT DAN BERGIZI DI KELAS IV SEKOLAH DASAR (Penelitian Tindakan Kelas dilakukan di Kelas IV SDN Balonggandu III Kecamatan Jatisari Kabupaten Karawang Tahun Ajaran 20016/2017). Skripsi(S1) thesis, FKIP Unpas.
|
Text
1 COVER.pdf Download (27kB) | Preview |
|
|
Text
7 ABSTRAK B INDONESIA.pdf Download (8kB) | Preview |
|
|
Text
8 ABSTRAK B INGGRIS.pdf Download (8kB) | Preview |
|
|
Text
9 ABSTRAK B SUNDA.pdf Download (8kB) | Preview |
|
|
Text
15 BAB I.pdf Download (158kB) | Preview |
|
|
Text
16 BAB II.pdf Download (458kB) | Preview |
|
|
Text
17 BAB III.pdf Download (464kB) | Preview |
|
Text
18 BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
||
Text
19 BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (178kB) |
||
|
Text
20 DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (13kB) | Preview |
Abstract
Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini dilaksanakan dengan tujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa melalui penerapan model pembelajaran Problem Based Learning pada subtema makananku sehat dan bergizi. Kegiatan penelitian ini dilaksanakan di kelas IV SDN Balonggandu III. Penelitian ini dilatar belakangi oleh guru dalam menyampaikan materi pembelajaran di kelas masih kurang variatif. Hal ini disebabkan guru masih menggunakan metode ceramah, sehingga membuat siswa kurang aktif dikelas, dan kurang antusias dalam mengikuti proses pembelajara. Berdasarkan latar belakang tersebut upaya untuk memperbaiki dan meningkatkan sikap teliti, percaya diri dan kerjasama dan hasil belajar siswa kelas IV SDN Balonggandu III yaitu dengan menggunakan model Problem Based Learning pada subtema makananku sehat dan bergizi. PTK ini terdiri dari 3 siklus pembelajaran sesuai dengan sintak model Pembelajaran Problem Based Learning, pengumpulam data mengunakan teknik observasi, hasil tes (posttest), angket, dan wawancara. Hasil penelitian menunjukan bahwa dengan menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Pelaksanaan pembelajaran memperoleh hasil pada siklus I sebesar 70%, Siklus II sebesar 82%, dan Siklus III menjadi 92%, hasil belajar pada ranah afektif sikap teliti Pada siklus I mencapai 51%, siklus II sebesar 64% dan siklus III meningkat mencapai 80%, sikap percaya diri pada siklus I mencapai 51%, siklus II sebesar 64% dan siklus III meningkat mencapai 80%, sikap kerjasama pada siklus I mencapai 48%, siklus II sebesar 64% dan siklus III meningkat mencapai 80%. Selanjutnya pada ranah kognitif pada siklus I mencapai 48%, siklus II mencapai 67%, dan siklus III meningkat menjadi 80%. Selanjutnya pada ranah psikomotor (keterampilan berdiskusi) siklus I 45%, siklus II sebesar 51% dan siklus III meningkat menjadi 100%. Kesimpulan yang diperoleh dari penelitian ini bahwa penerapan model pembelajaran Problem Based Learning mampu meningkatkan hasil belajar siswa pada subtema makananku sehat dan bergizi kelas IV SDN Balonggandu III. Dengan demikian, penerapan model Pembelajaran Problem Based Learning dapat dijadikan sebagai salah satu alternatif model pembelajaran untuk diterapkan di kelas salah satunya pada subtema makananku sehat dan bergizi. Kata Kunci : Model pembelajaran Problem Based Learning, Hasil Belajar, Subtema Makananku Sehat dan Bergizi.
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2017 |
Depositing User: | mr Bayu Anggi Pranata |
Date Deposited: | 16 Oct 2017 08:21 |
Last Modified: | 16 Oct 2017 08:21 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/30793 |
Actions (login required)
View Item |