PENGARUH TEKNIK PROBING PROMTING TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA DI SMA SUMATRA 40 BANDUNG TAHUN AJARAN 2016/2017 (Studi Kasus pada Kelas X-A dan X-B pada Mata Pelajaran Ekonomi)

Caswati, 135020097 (2017) PENGARUH TEKNIK PROBING PROMTING TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA DI SMA SUMATRA 40 BANDUNG TAHUN AJARAN 2016/2017 (Studi Kasus pada Kelas X-A dan X-B pada Mata Pelajaran Ekonomi). Skripsi(S1) thesis, FKIP Unpas.

[img]
Preview
Text
1. COVER.pdf

Download (18kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6.1 ABSTRAK INDONESIA.pdf

Download (90kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6.2 ABSTRAK INGGRIS.pdf

Download (87kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6.3 ABSTRAK SUNDA.pdf

Download (169kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. BAB I.pdf

Download (281kB) | Preview
[img]
Preview
Text
10. BAB III.pdf

Download (403kB) | Preview
[img]
Preview
Text
11. BAB III.pdf

Download (673kB) | Preview
[img] Text
12. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
13. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (151kB)
[img]
Preview
Text
14. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (278kB) | Preview
Official URL: http://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan yang ditemukan peneliti pada saat observasi awal dikelas X-A dan X-B SMA Sumatra 40 Bandung. Berdasarkan hasil observasi, peneliti menemukan permasalahan yaitu siswa kurang memiliki keterampilan berpikir kritis dalam pembelajaran ekonomi. Hal ini ditunjukkan dengan indikator permasalahan diantaranya kurang aktifnya siswa saat pembelajaran di kelas. Ketika siswa bertanya, pertanyaan yang diajukanhanya sebatas pada tataran ingatan, siswa belum mampu menjawab pertanyaan dari guru menggunakan analisisnya sendiri, mereka hanya terpaku kepada buku teks. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh teknik probing promting terhadap keterampilan berpikir kritis siswa pada mata pelajaran ekonomi pada siswa kelas X SMA Sumatra 40 Bandung. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen. Hipotesis peneltian berbunyi terdapat pengaruh signifikan penggunaan teknik pembelajaran probing promting terhadap keterampilan berpikir kritis siswa pada mata pelajaran ekonomi. Instrumen yang digunakan adalah tes dan skala sikap. Tes yang digunakan adalah tes tipe uraian, sedangkan skala sikap menggunakan Skala Likert yang berisikan pertanyaan-pertanyaan siswa mengenai pembelajaran yang dilakukan. Dari analisis data hasil penelitian, diperoleh kesimpulan: hipotesis penelitian terdapat pengaruh signifikan penggunaan teknik pembelajaran probing promting terhadap keterampilan berpikir kritis siswa pada mata pelajaran ekonomi dapat diterima dengan bukti terdapat peningkatan keterampilan berpikir kritis siswa kelas eksperimen pada pembelajaran ekonomi dengan menggunakan teknik probing promting, dan siswa bersikap positif terhadap pembelajaran ekonomi dengan teknik probing promting. Sebagai akhir penelitian peneliti menyampaikan saran agar teknik probing promting dapat dijadikan suatu alternatif dalam pembelajaran, pelaksanaan teknik probing promting direncanakan lebih matang dan permasalahan yang diberikan lebih aktual, siswa diharapkan ikut berperan aktif dalam pembelajaran dan ketika melakukan penelitian tentang teknik probing promting hendaknya memilih pokok bahasan yang sesuai dengan teknik pembelajaran, agar dapat memeperoleh hasil penelitian yang lebih baik. Kata kunci : Teknik Pembelajaran Probing Promting, Keterampilan Berpikir Kritis.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Akuntansi 2013
Depositing User: mr Bayu Anggi Pranata
Date Deposited: 06 Sep 2017 06:20
Last Modified: 06 Sep 2017 06:20
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/29087

Actions (login required)

View Item View Item