Penerapan Model Problem Based Learning Metode TTW Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa SD

Sri Winggowati, NPM. 158060014 (2017) Penerapan Model Problem Based Learning Metode TTW Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa SD. Thesis(S2) thesis, unpas.

[img] Text
ARTIKEL_SRI WINGGOWATI_MPM_158060014.docx

Download (66kB)
[img] Text
1. COVER TESIS.docx

Download (113kB)
[img] Text
3. ABSTRAK.docx

Download (21kB)
[img] Text
4. BAB I.docx

Download (37kB)
[img] Text
5. BAB II.docx

Download (58kB)
[img] Text
6. BAB III.docx
Restricted to Repository staff only

Download (164kB)
[img] Text
7. BAB IV.docx
Restricted to Repository staff only

Download (715kB)
[img] Text
8. BAB V 1.docx
Restricted to Repository staff only

Download (28kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.docx

Download (37kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi permasalahan banyak siswa SD yang kesulitan menyelesaikan soal matematika terutama yang menyangkut kemampuan komunikasi matematis siswa.Tujuan penelitian ini adalah untuk menjawab pertanyaan apakah dengan pembelajaranModel Problem Based Learning Metode TTWdapat meningkatkan kemampuan komunikasi matematis siswa. Metode penelitian yang digunakan yaitu, Penelitian Tindakan Kelas, yang terdiri dari 3 siklus pembelajaran, masing-masing siklus terdiri dari 3 tindakan. Populasi dalam penelitan ini adalah siswa kelas VI SD di Kota Bandung. Instrumen yang digunakan meliputi tes kemampuan komunikasi matematis siswa berupa soal cerita, angket, pedoman observasi, wawancara dan dokumentasi. Data kuantitatif yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan SPSS 19, sedangkan data kualitatif menggunakan teknik Miles & Huberman.Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa dengan pembelajaran Model Problem Based Learning Metode TTW.Penelitian juga menunjukkan peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa. Rekomendasi dalam penelitian ini menekankan pembelajaranModel Problem Based Learning Metode TTW sebagai salah satu alternatif model pembelajaranyang mampu memberikan manfaat dan stimulasi yang baik terhadap kemampuan siswa Sekolah Dasar dalam pembelajaran matematika sesuai dengan tahapan perkembangan kognitif siswa. Kata kunci: Kemampuan Komunikasi Matematis, Self Confident Siswa, Model Problem Based Learning Metode TTW (Think-Talk-Write).

Item Type: Thesis (Thesis(S2))
Subjects: RESEARCH REPORT
Divisions: Pascasarjana > S2-Pendidikan Matematika 2017
Depositing User: asep suryana
Date Deposited: 15 Jun 2017 02:48
Last Modified: 02 Oct 2021 03:31
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/28063

Actions (login required)

View Item View Item