EVALUASI KEBIJAKAN TATA CARA PENERIMAAN PESERTA DIDIK BARU TINGKAT SMP BERBASIS KEWILAYAHAN DI KOTA BANDUNG PADA DINAS PENDIDIKAN KOTA BANDUNG

MENTARI NOOR RAKHMAWATI, 132010032 (2017) EVALUASI KEBIJAKAN TATA CARA PENERIMAAN PESERTA DIDIK BARU TINGKAT SMP BERBASIS KEWILAYAHAN DI KOTA BANDUNG PADA DINAS PENDIDIKAN KOTA BANDUNG. Skripsi(S1) thesis, PERPUSTAKAAN.

[img] Text
1. LEMBAR JUDUL.docx

Download (222kB)
[img] Text
6. ABSTRAK baru.docx

Download (25kB)
[img] Text
8. BAB I.docx

Download (35kB)
[img] Text
9. BAB II.docx

Download (74kB)
[img] Text
13. DAFTAR PUSTAKA.docx

Download (24kB)
[img]
Preview
Image
20170613_212322.jpg

Download (1MB) | Preview

Abstract

Salah satu layanan pendidikan adalah layanan penerimaan peserta didik baru. Layanan peserta didik sebagai langkah awal dalam pelayanan pada lembaga pendidikan sebagai layanan di luar bidang akademik. Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) merupakan program rutin setiap tahun yang dilakukan secara nasional di tiap sekolah. Dalam meningkatkan mutu pendidikan dan pemerataan pendidikan di Kota Bandung, sebagaimana tertuang dalam RENSTRA Dinas Pendidikan Kota Bandung Tahun 2013- 2018 yang merupakan salah satu Visi dari Dinas Pendidikan Kota Bandung yaitu “Mewujudkan pelayanan pendidikan yang bermutu, berkeadilan dan berwawasan lingkungan”. Landasan teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah Evaluasi Kebijakan dari Teori Zauhar, Suryosubroto, Setiawan, Anderson, Suyatna, Subarsono, Dunn. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif sedangkan teknik penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data, pengolahan data, dan analisis data, Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan fenomenologi. Sumber data dalam penelitian ini kepustakaan, lapangan, yang berupa : observasi non partisipan, wawancara, dokumentasi informan, materi audio dan visual. Analisis data dalam penelitian kualitatif dilakukan sejak sebelum memasuki lapangan, selama di lapangan, dan setelah selesai di lapangan. Evaluasi Kebijakan Tata Cara Penerimaan Peserta Didik Baru Tingkat SMP Berbasis Kewilayahan di Kota Bandung pada Dinas Pendidikan Kota Bandung dapat dinilai berdasarkan indikator kebijakan publik yakni, Efektivitas, Efisiensi, Kecukupan, Perataan, Responsivitas, dan Ketepatan. Berdasarkan pembahasan dan analisis terkait Evaluasi Kebijakan Tata Cara Penerimaan Peserta Didik Baru Tingkat SMP Berbasis Kewilayahan di Kota Bandung pada Dinas Pendidikan Kota Bandung peneliti mengambil kesimpulan, bahwa kebijakan tata cara penerimaan peserta didik baru tingkat SMP berbasis kewilayahan di Kota Bandung belum terlaksana dengan efektif dan efisien, terdapat beberapa kendala dan harus melakukan revisi serta perubahan. Diperlukannya pemerataan SMP Negeri di beberapa wilayah tertentu yang pada tahun 2016 belum memiliki SMP Negeri, seperti di: Cigondewah, Panyileukan, Cinambo dan jalur selatan lainnya, serta pola pikir orangtua yang masih salah persepsi, bahwa partisipasi orangtua itu perlu, namun sering diartikan pungutan liar, masih ditemukan anak titipan, gratifikasi pejabat dan sosialisasi belum maksimal. Kata Kunci : Evaluasi Kebijakan, PPDB Kewilayahan

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Administrasi Negara 2017
Depositing User: mr yogi -
Date Deposited: 14 Jun 2017 06:51
Last Modified: 14 Jun 2017 06:51
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/28032

Actions (login required)

View Item View Item