PENGEMBANGAN MODUL DENGAN PENDEKATAN PENDIDIKAN MATEMATIKA REALISTIK INDONESIA(PMRI) UNTUK MENINGKATKAN LITERASI MATEMATIKA DAN KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA

ELLY RIZEQIA FADILAH, NPM. 158060023 (2017) PENGEMBANGAN MODUL DENGAN PENDEKATAN PENDIDIKAN MATEMATIKA REALISTIK INDONESIA(PMRI) UNTUK MENINGKATKAN LITERASI MATEMATIKA DAN KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA. Thesis(S2) thesis, UNPAS.

[img] Text
cover plagiasi.docx

Download (85kB)
[img] Text
ARTIKEL.docx

Download (32kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA FIX.docx

Download (19kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kevalidan, kepraktisan dan efektivitas penggunaan modul dalam pembelajaran untuk meningkatkan kemampuan literasi matematika dan kemandirian belajar siswa. Populasi penelitian ini adalah siswa SMK Muhammadiyah kedawung Kab. Cirebon, sample diambil dengan tehnik purposive sampling, yaitu kelas XI Tehnik Pemesinan sebagai kelas eksperimen dan kelas kontrol. Variabel penelitian ini adalah pengembangan modul dengan pendekatan PMRI, literasi matematika dan kemandirian belajar siswa. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan model pengembangan ADDIE (Analysis, Desaign, Development, Implementation, Evaluation), dan mixed method (The Embedded Design ) dengan isntrumen tes dan non tes. Produk penelitian ini berupa modul pembelajaran dengan pendekatan PMRI untuk materi program linear. Hasil penelitian pengembangan ini menunjukkan, kualitas modul dilihat dari aspek kevalidan, kepraktisan dan keefektifan dalam kategori baik. Hal ini dapat dilihat dari hasil postes siswa yang menunjukkan ketuntasan belajar siswa 91,6%. Hasil penelitian, penggunaan modul dalam pembelajaran lebih baik dibandingkan dengan pembelajaran secara konvensional. Kemandirian belajar siswa yang menggunakan modul saat pembelajaran relatif sama dengan siswa yang tidak menggunakan modul saat pembelajaran. Kata kunci : Pengembangan modul, literasi matematika, kemandirian belajar siswa.

Item Type: Thesis (Thesis(S2))
Subjects: RESEARCH REPORT
Divisions: Pascasarjana > S2-Pendidikan Matematika 2017
Depositing User: asep suryana
Date Deposited: 12 May 2017 06:24
Last Modified: 12 May 2017 06:24
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/27277

Actions (login required)

View Item View Item