POSTER FRIENDLY BANDUNG SEBAGAI MEDIA PUBLIKASI CITY BRANDING KOTA BANDUNG (ANALISIS SEMIOTIKA POSTER FRIENDLY BANDUNG SEBAGAI MEDIA LUAR RUANG DALAM UPAYA IMPLEMENTASI CITY BRANDING KOTA BANDUNG)

DIMAS FAZA FADHILLAH, 142050480 (2017) POSTER FRIENDLY BANDUNG SEBAGAI MEDIA PUBLIKASI CITY BRANDING KOTA BANDUNG (ANALISIS SEMIOTIKA POSTER FRIENDLY BANDUNG SEBAGAI MEDIA LUAR RUANG DALAM UPAYA IMPLEMENTASI CITY BRANDING KOTA BANDUNG). Skripsi(S1) thesis, PERPUSTAKAAN.

[img] Text
1 COVER SKRIPSI.docx

Download (40kB)
[img] Text
2 LEMBAR PENGESAHAN.docx

Download (14kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.docx

Download (22kB)
[img] Text
4 ABSTRAK.docx

Download (22kB)
[img] Text
bab 1.docx

Download (66kB)
[img] Text
BAB 2 .docx

Download (78kB)

Abstract

Penelitian ini berujudul “Poster Friendly Bandung Sebagai Media Publikasi City Branding Kota Bandung”. Friendly Bandung merupakan bentuk implementasi untuk terwujudnya City Branding kota Bandung. Dalam menginformasikannya, media luar ruang “Poster” adalah salah satu media yang digunakan oleh Friendly Bandung. Maka dari itu peneliti menggunakan media tersebut sebagai subjek penelitian. Penelitian ini bertujuan yang pertama untuk mengetahui bagaimana saja simbol-simbol yang ada pada dalam poster media luar ruang dilihat dari qualisign, sinsign, dan legisign, dan yang kedua untuk mengetahui Bagaimana objek yang dilihat dari icon, index, dan symbol pada poster media luar ruang Friendly Bandung , dan yag ketiga untuk mengetahui Bagaimana interpretasi poster media luar ruang Friendly Bandung dilihat dari rheme, dicisign dan argument, dan yang keempat untuk mengetahui Bagaimana Realita Sosial yang terbentuk oleh poster media luar ruang Friendly Bandung. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif, lalu menggunakan Teori yang digunakan adalah teori konstruksi sosial Peter L. Berger dan Thomas Luckman dan teori semiotika C.S Peirce. Pengumpulan data yang dilakukan adalah melalui wawancara mendalam, observasi serta dokumentasi. Penelitian dilaksanakan, kantor Nusae Design, sekitaran pasupati. Hasil dari penelitian ini yang pertama adalah bagaimana Simbol-simbol yang ada pada dalam poster media luar ruang dilihat dari Qualisign, Sinsign, dan legisign:, Qualisign yang diambil didalam tulisan yang ada di poster Friendly Bandung yang menunjukan kuliatas isi pesan yang lembut, Sinsignnya isi pesan tersebut merupakan tanda-tanda yang menjadi tanda berdasarkan bentuk atau rupanya didalam kenyataan, Legisign bahwa masyarakat bandung baiknya bersikap lebih ramah dan bersahabat. Yang kedua bagaimana Objek yang dilihat dari Icon, Index, dan Symbol pada poster media luar ruang Friendly Bandung. Icon Logo di poster Friendly Bandung menggunakan penggambaran dragmatif. Index didalamnya awalnya mengacu pada kenyataan orang Bandung yang ramah yang suka tersenyum. Yang ketiga bagaimana Interpretasi poster media luar ruang Friendly Bandung dilihat dari rheme, dicisign dan argumen. Rheme poster tersebut menafsirkan berdasarkan pilihan ya seperti orang yang sedang tersenyum. Dicisign kenyataan maka tanda tersebut merupakan ramahnya orang Bandung. Argument penilaian orang Bandung oleh khalyak luas. Yang keempat bagaimana Realita Sosial yang terbentuk oleh poster media luar ruang Friendly Bandung. interaksi yang intens melalui poster media luar ruang Friendly Bandung menciptakan realita bahwa kota Bandung itu ramah.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi 2017
Depositing User: mr yogi -
Date Deposited: 10 Apr 2017 06:25
Last Modified: 10 Apr 2017 06:25
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/27154

Actions (login required)

View Item View Item