ANALISIS HARGA POKOK PRODUKSI DALAM MENENTUKAN HARGA JUAL (Studi Penerapan Metode Full Costing pada Usaha Kecil Konfeksi Wazha67)

Galih Rizkiana, 132040090 (2017) ANALISIS HARGA POKOK PRODUKSI DALAM MENENTUKAN HARGA JUAL (Studi Penerapan Metode Full Costing pada Usaha Kecil Konfeksi Wazha67). Skripsi(S1) thesis, PERPUSTAKAAN.

[img] Text
COVER DEPAN GALIH RIZKIANA.docx

Download (103kB)
[img] Text
ABSTRAK GALIH RIZKIANA.docx

Download (23kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA galih rizkiana.docx

Download (22kB)
[img] Text
LEMBAR PENGESAHAN 1.docx

Download (185kB)
[img] Text
LEMBAR PENGESAHAN 2.docx

Download (20kB)
[img] Text
BAB I Galih Rizkiana.docx

Download (75kB)
[img] Text
BAB II Galih Rizkiana.docx

Download (46kB)

Abstract

Usaha kecil konfeksi Wazha67 termasuk usaha mikro, dalam bidang manufaktur. Usaha ini memproduksi baju dan jaket dengan berbagai ukuran. Dari hasil penelitian diketahui bahwa terdapat permasalahan sehubungan dengan penentuan harga pokok produksi yang ternyata selama ini usaha ini tidak pernah melakukan perhitungan harga pokok produksi secara terperinci. Usaha kecil konfeksi Wazha67 menentukan harga pokok produksinya hanya berdasarkan perkiraan prosentase dari harga jual yang telah ditetapkan oleh pemilik usaha. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui penentuan harga pokok produksi pada usaha kecil konfeksi Wazha Development dengan menerapkan metode full costing. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif analisis, teknik pengumpulan data dilakukan dengan penelitian lapangan dan penelitian kepustakaan. Dalam melakukan penelitian lapangan, wawancara dan observasi secara langsung. Analisis data yang digunakan dalam penentuan harga pokok produksi yaitu dengan menerapkan metode full costing. Berdasarkan hasil penelitian terdapat perbedaan nilai perhitungan harga pokok produksi baju dan jaket yang dihasilkan pada usaha kecil konfeksi Wazha67 untuk baju lengan pendek sebesar harga Rp 30.000, untuk baju lengan panjang sebesar harga Rp 35.750 dan jeket sebesar harga Rp 77.000 dan perhitungan harga pokok produksi dengan menerapkan metode full costing untuk baju lengan pendek sebesar harga Rp 24.000, untuk baju lengan panjang sebesar harga Rp 40.000 dan jeket sebesar harga Rp 63.000. Biaya produksi yang dihasilkan usaha kecil konfeksi Wazha67 lebih besar karena tidak pernah melakukan perhitungan secara terperinci. Perhitungan dengan menerapkan metode full costing menghasilkan nilai yang lebih kecil dikarenakan metode ini mencakup perhitungan seluruh sumber daya yang dipergunakan oleh perusahaan. Faktor-faktor yang mempengaruhi harga pokok produksi yaitu faktor internal yang terdiri dari pemasok bahan baku, tenaga kerja, modal dan desain produk, serta faktor eksternal yang terdiri dari upah tenaga kerja, naiknya harga dolar, kondisi pemasok dan permintaan konsumen. Saran untuk usaha kecil konfeksi Wazha67 sebaiknya harus selalu memperhitungkan harga pokok produksi dengan terperinci atau bisa menerapkan perhitungan harga pokok produksi dengan metode full costing dan sebaiknya juga wazha67memperhitungkan biaya overhead pabrik dalam menentukan harga pokok produksinya. Kata Kunci : Harga Pokok Produksi

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Administrasi Niaga 2017
Depositing User: mr yogi -
Date Deposited: 04 Feb 2017 02:27
Last Modified: 04 Feb 2017 02:27
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/15942

Actions (login required)

View Item View Item