RIZKI PEBRIANA, 085060117 (2016) PENGGUNAAN MEDIA KARTON DENGAN METODE PRAKTIK UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA MATERI BANGUN RUANG KUBUS DAN BALOK DI KELAS V SDN MAGUNG IV KECAMATAN CIPARAY KABUPATEN BANDUNG. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
Text
COVER SKRIPSI.docx Download (40kB) |
|
Text
LEMBAR PENGESAHAN.docx Restricted to Repository staff only Download (18kB) |
|
Text
MOTTO DAN PERSEMBAHAN iki.docx Restricted to Repository staff only Download (15kB) |
|
Text
KATA PENGANTAR.docx Restricted to Repository staff only Download (19kB) |
|
Text
PERNYATAAN.docx Restricted to Repository staff only Download (14kB) |
|
Text
ABSTRAK.docx Download (17kB) |
|
Text
BAB I.docx Download (26kB) |
|
Text
BAB II.docx Download (52kB) |
|
Text
BAB III.docx Restricted to Repository staff only Download (58kB) |
|
Text
bab IV.docx Restricted to Repository staff only Download (193kB) |
|
Text
BAB V.docx Restricted to Repository staff only Download (22kB) |
|
Text
DAFTAR ISI.docx Download (25kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.docx Download (21kB) |
|
Text
Riwayat Hidup.docx Restricted to Repository staff only Download (48kB) |
Abstract
Penelitian dengan judul penggunaan media karton dengan metode praktik untuk meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran matematika materi bangun ruang kubus dan balok di kelas V SDN Magung IV kecamatan Ciparay kabupaten Bandung bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Hal ini dilatangbelakangi oleh rendahnya hasil nilai rata-rata belajar siswa kelas V SDN Magung IV yang belum memenuhi nilai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) dalam pelajaran Matematika. Dari hasil wawancara terhadap guru kelas di SDN Magung V diketahui bahwa pemahaman siswa pada konsep-konsep pembelajaran Matematika masih rendah. Rendahnya hasil belajar siswa tidak terlepas dari rendahnya keterlibatan siswa selama proses pembelajaran dan keabstrakan meteri pembelajaran matemetika, Desain penelitian ini menggunakan model penelitian tindakan kelas (classroom action research) yang terdiri dari 2 siklus. Setiap siklusnya meliputi tahapan perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan media karton dengan metode praktik berpengaruh terhadap aktivitas dan hasil belajar siswa secara signifikan pada materi bangun ruang kubus dan balok. Hal ini ditunjukan dengan adanya peningkatan dari siklus I dan II. Pada siklus I persentase aktivitas siswa sebesar 73,33% dan pada siklus II meningkat menjadi 100%. Peningkatan aktivitas siswa tersebut mempengaruhi hasil belajar siswa setelah menggunakan media karton dengan metode praktik. Pada siklus I dari hasil tes siswa memperoleh skor dengan persentase rata-rata 71,42%, pada pada siklus II memperoleh skor dengan persentase rata-rata 92,86%. Hal ini dikarenakan pada penggunaaan media karton dengan metode praktik siswa lebih mudah memahami materi karena menggunakan media katron dan keterlibatan langsung siswa dalam perolehan pengetahauan. Dengan demikian kesimpulan dalam penelitian ini adalah pembelajaran dengan menggunakan media karton dengan metode praktik dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Kata Kunci: media karton dengan metode praktik, hasil belajar, pembelajaran matematika
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2012 |
Depositing User: | Iyas - |
Date Deposited: | 24 Oct 2016 13:21 |
Last Modified: | 24 Oct 2016 13:21 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/13864 |
Actions (login required)
View Item |