STRATEGI PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PROBLEM SOLVING DAN DAMPAKNYA PADA SIKAP SISWA

WASJA ADI AFANDI, NPM. 128612034 (2014) STRATEGI PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PROBLEM SOLVING DAN DAMPAKNYA PADA SIKAP SISWA. Thesis(S2) thesis, UNPAS.

[img] Text
Coper Depan UNPAS tugas.docx

Download (157kB)
[img] Text
LEMBAR PENGESAHAN - 2.docx

Download (16kB)
[img] Text
ABSTRAK,b inggris.docx

Download (19kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.docx

Download (21kB)
[img] Text
BAB 1.docx

Download (29kB)
[img] Text
BAB 2.docx

Download (46kB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan atas dasar pentingnya untuk memperoleh bukti empiris tentang strategi pembelajaran contextual teaching and learning untuk meningkatkan kemampuan problem solving dan dampaknya pada sikap siswa. Penelitian ini dilakukan dengan quasi eksperimen dengan membandingkan kemampuan pemecahan masalah yang memperoleh strategi pembelajaran Contextual Teaching And Learning dengan siswa memperoleh pembelajaran biasa (konvensional). Ada tujuh prinsip pembelajaran kontekstual (CTL) yang harus dikembangkan oleh guru (Howay R, Keneth, 2001 ), yaitu: 1) konstruktivisme, 2) menemukan, 3) bertanya, 4) masyarakat belajar, 5) pemodelan, 6) refleksi, 7) penilaian sebenarnya. Desain penelitian menggunakan mixed method (model Concurrent Triangulation). Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X dari satu sekolah dengan subyek sampel sebanyak 56 siswa yang berasal dari dua kelas. Satu kelas mendapat strategi pembelajaran contextual teaching and learning untuk kelas eksperimen dan satu kelas mendapat pembelajaran biasa (konvensional) untuk kelas kontrol. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa tes kemampuan pemecahan masalah serta skala sikap berdasarkan skala liker, observasi dengan skala ordinal, wawancara dengan skala liker, dan dokumentasi dengan pengambilan gambar dan rekaman. Dari penelitian ini diperoleh kesimpulan: 1) terdapat peningkatan N-Gain kemampuan pemecahan masalah (problem solving) dengan strategi pembelajaran contextual teaching and learning siswa menjadi lebih baik dalam prestasi belajarnya; 2) terdapat perbedaan peningkatan kemampuan problem solving (pemecahan masalah) siswa yang memperoleh strategi pembelajaran contextual teaching and learning lebih baik daripada siswa yang memperoleh pembelajaran biasa (konvensional); 3) terdapat kemampuan pemecahan masalah siswa yang memperoleh strategi pembelajaran contextual teaching and learning lebih baik daripada siswa yang memperoleh pembelajaran biasa (konvensional); 4) Siswa menunjukkan sikap yang positif terhadap pembelajaran matematika setelah menggunakan strategi pembelajaran contextual teaching and learning. Sebagai akhir penelitian penulis menyampaikan rekomendasi kepada pembaca sebagai berikut ; Strategi pembelajaran contextual teaching and learning hendaknya terus dikembangkan dan dijadikan sebagai alternatif pilihan guru dalam pembelajaran matematika sehari-hari; beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam menerapkan strategi pembelajaran Contextual Teaching And Learning hendaknya berbasis masalah, memicu terjadinya konflik kognitif,kemampuan berfikir secara optimal; intervensi guru harus proporsional. Kata kunci : strategi pembelajaran contextual teaching and learning; kemampuan problem solving (pemecahan masalah); dampaknya pada sikap siswa.

Item Type: Thesis (Thesis(S2))
Subjects: RESEARCH REPORT
Divisions: Pascasarjana > S2-Pendidikan Matematika 2014
Depositing User: asep suryana
Date Deposited: 14 Oct 2016 17:53
Last Modified: 14 Oct 2016 17:53
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/13817

Actions (login required)

View Item View Item